Cara Menjadi Bos yang Dihormati | Qerja

Cara Menjadi Bos yang Dihormati

Eka Utami, 3 years ago
Cara Menjadi Bos yang Dihormati

Jika ditanya tentang pengusaha hebat yang sukses dan bisa membawa bisnisnya terkenal di seluruh dunia, siapa yang Anda pikirkan? Mungkin, beberapa nama yang muncul di kepala Anda adalah orang-orang seperti Tony Hsieh, CEO Zappos; Jeff Bezos, pendiri Amazon; atau Elon Musk, pendiri SpaceX.

Sebagai pemimpin, mereka tidak selalu disukai bawahan. Terkadang, ada keputusan yang tidak diamini oleh karyawan. Namun, mereka bisa mendapatkan kembali rasa hormat dari karyawan. Mengapa? Karena mereka “bermain” pada ruang emosional. Mereka melakukan sesuatu yang mengagumkan dan membuat karyawan menjadikan mereka sebagai pemimpin yang menginspirasi. Berikut beberapa hal yang dilakukan pemimpin hebat agar dihormati karyawan seperti disarikan dari Inc.

“Turun ke bawah”

Toyota Production System mempraktikan prinsip “Genchi Genbutsu” ala Jepang. Genchi Genbutsu diterjemahkan sebagai “pergi dan lihat sendiri”. Pemimpin harus keluar dari kantor atas, dan turun ke lantai produksi. Pemimpin harus melihat sendiri proses pekerjaan, terlibat dengan pekerja, mengajukan pertanyaan, dan secara aktif mendengarkan masukan sehingga bisa benar-benar memahami masalah.

Pendekatan Genchi Genbutsu membantu mengurangi akar masalah sehingga pemimpin bisa menemukan solusi. Di sinilah wawasan, inovasi, dan tanggapan dari konsumen bisa benar-benar dihidupkan. Para pemimpin akan dihormati jika bisa melihat akar masalah ke lantai produksi sebelum mengambil keputusan yang tepat.

Selalu penasaran

Salah satu pernyataan Albert Einstein yang terkenal adalah: “Saya tidak memiliki bakat khusus. Saya hanya sangat penasaran.” Ternyata, sifat penasaran dan rasa ingin tahu yang tinggi bisa membuat Anda mendapat hasil yang luar biasa.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next