Mengapa Pegawai Sering Berhenti Kerja Barengan? | Qerja

Mengapa Pegawai Sering Berhenti Kerja Barengan?

Steffi Teowira, 3 years ago
Mengapa Pegawai Sering Berhenti Kerja Barengan?

Satu pegawai keluar, tak lama kemudian, rekannya juga, dan rekannya yang lain. Apakah Anda pernah mengalami fenomena serupa di tempat kerja? Satu saja pegawai yang keluar sudah menyerap biaya operasional, apalagi jika beberapa sekaligus. Pahami penyebabnya di artikel ini.

1. Masalah bagi satu = masalah bagi semua

Sebagai makhluk sosial, manusia akan saling berkomunikasi tentang berbagai hal jika berada di satu kelompok yang sama. Jika satu personel tim merasa ada isu mengganggu yang mendorongnya hingga keluar kerja, besar kemungkinan anggota tim lainnya juga terganggu dengan isu yang sama atau setidaknya, membicarakannya; hanya saja, mereka tidak selalu menyuarakannya.

Keputusan untuk keluar tidak terjadi dalam semalam. Bila tidak membuka jalur komunikasi untuk mendengar keluhan dan saran anggota tim, perusahaan terpapar risiko mengalami fenomena pegawai keluar kerja beruntun.

2. Tergoda kisah kolega

Bila ada satu pegawai yang segera akan keluar dan baru menjalani wawancara dengan perusahaan lain, ia mungkin akan bercerita dengan prospek barunya pada rekan kerja. Ingat saja, di sesi wawancara, perusahaan tentu akan menggambarkan suasana kerja menyenangkan dan berbagai benefit untuk menarik talenta baru.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next