Menjadi Produktif Selama Sepekan | Qerja

Menjadi Produktif Selama Sepekan

Eka Utami, 3 years ago
Menjadi Produktif Selama Sepekan

Ungkapan “waktu adalah uang” rasanya tidak pernah salah. Zaman sekarang, kita menyadari bahwa produktivitas di tempat kerja terkait langsung dengan pendapatan dan keuntungan di perusahaan. Jadi, jangan pernah sia-siakan waktu di kantor. Berikut tips agar Anda bisa produktif selama sepekan ini seperti disarikan dari Entrepreneur.

Fokus pada satu tugas

Jika Anda punya dua tugas besar yang harus diselesaikan pekan ini, maka kerjakanlah satu per satu. Jangan paksakan diri untuk melakukan multitasking. Jika Anda fokus pada satu pekerjaan, maka tugas itu akan lebih cepat selesai. Selain itu, juga akan meningkatkan ketepatan dan memerbaiki kualitas hasil kerja.

Belajar berkata “tidak”

Dalam buku The Power of No, penulis James Altucher menyebutkan jika Anda bisa mengatakan “tidak” untuk menolak pekerjaan yang berlebih, maka akan menyelamatkan waktu. Pada akhirnya memerbaiki produktivitas selama sepekan.

Perencanaan yang produktif

Setiap pekan dimulai dengan hari Senin. Anda tidak bisa merencanakan kegiatan pada Senin pagi. Tapi, Anda harus membuat perencanaan sebelumnya. Jadi, ketika tiba di kantor pada Senin pagi, Anda sudah bisa langsung bekerja. Mungkin ada banyak hal yang akan mengganggu pelaksanaan rencana Anda. Namun, Anda harus tetap disiplin pada jadwal yang dibuat sendiri. Sebagai langkah antisipasi, Anda bisa membuat ruang pada agenda, sehingga bisa menampung tugas tambahan yang tidak terduga.

Membuat penjadwalan lebih awal

Saat menulis jadwal di kalender, buatlah agar pekerjaan Anda selesai pada hari Kamis. Jadi Anda bisa menggunakan hari Jumat untuk berkonsentrasi pada tugas yang muncul secara tidak terduga. Dengan begitu, Anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan tepat selama sepekan. Anda tidak perlu membawa pekerjaan di akhir pekan. Anda juga tidak harus menunda pekerjaan hingga pekan berikutnya.

Melakukan pekerjaan mudah terlebih dahulu

Anda bisa menangani pekerjaan mudah terlebih dahulu dan menghadapi tugas sulit di akhir hari. Hal ini akan membuat pagi Anda lebih menyenangkan. Anda tidak perlu menguras emosi dan perasaan untuk melakukan tugas yang dibenci. Anda akan merasa lega di sisa hari.

Belajar dari rekan kerja

Bandingkan kalender mingguan atau rencana produktivitas Anda dengan orang lain. Apakah mereka menunjukkan hasil kerja yang lebih baik pekan lalu? Jika ya, Anda bisa memelajari tentang praktik kerja terbaik dari mereka.

Melengkapi lebih baik dari menyempurnakan

Berjuang untuk memberikan hasil kerja yang terbaik adalah tujuan mulia. Namun perfeksionisme obsesif adalah salah satu musuh utama produktivitas. Tidakkah Anda lebih suka menyelesaikan 100 hal minggu ini, semuanya berjalan dengan baik, daripada hanya menghasilkan 15 hal yang sempurna?

Mulai lebih awal



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next