10 Profesi Ini Segera Digantikan Kecerdasan Buatan

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago
Kelahiran internet di akhir milenium lalu mengguncang stabilitas beberapa sektor pekerjaan dan generasi ini diprediksi akan menghadapi perubahaan besar-besaran di dunia profesional dengan kedatangan teknologi Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan berupa robot, chatbot, atau asisten digital. Saat ini saja, tidak sedikit bisnis besar dunia yang menggunakan teknologi ini di beberapa bidang. Tidak lama lagi, bisa jadi semua sektor akan tergantikan sepenuhnya oleh mesin dan komputer.

Disadur dari venturebeat.com, berikut profesi yang kemungkinan besar akan segera digantikan oleh AI.

1. Web Designer/Web Developer 

Bisa tergantikan oleh: The Grid

Konsep AI dari The Grid dirancang untuk melakukan pekerjaan seorang web designer atau developer, seperti desain dan coding dengan presisi tajam. Dengan sedikit input dari penggunanya, AI ini akan merancang sistem bisnis dan website sesuai kebutuhan.

2. Online Marketer

Bisa tergantikan oleh: Persado

Persado dilengkapi data mengenai teknik persuasi yang menjadikannya cocok untuk perusahaan periklanan atau bidang marketing. Program ini juga sanggup memberi sentuhan pribadi dengan pesan-pesan yang dirancang sesuai untuk menargetkan klien sebagai individu. 

3. Manajer Kantor

Bisa tergantikan oleh: Betty

Saat ini Betty sedang dalam periode uji coba di Inggris untuk diluncurkan sebagai bot yang mampu menavigasi lingkungan kerja dan melakukan tugas terkait manajemen kantor, seperti menyapa tamu dan staf, mengontrol jam kerja dan lembur pegawai, serta melakukan inventory untuk perlengkapan kantor.

4. Akuntan

Bisa tergantikan oleh: Smacc

Smacc mungkin bukan teknologi pertama yang membantu manusia melakukan digitalisasi proses akuntansi, namun teknologi sebelumnya masih butuh bantuan manusia untuk melakukan input data secara manual. Dengan Smacc, klien cukup menyerahkan bon dan dokumen yang dibutuhkan. Smacc akan mengubah data ini menjadi format yang kompatibel untuk dibaca mesin ini, melakukan enkripsi, dan perhitungan sesuai kebutuhan.


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami