Berdekatan Dengan Ponsel Buat Otak Bekerja Lebih Lamban | Page 2 | Qerja

Berdekatan Dengan Ponsel Buat Otak Bekerja Lebih Lamban

Steffi Teowira, 2 years ago
Berdekatan Dengan Ponsel Buat Otak Bekerja Lebih Lamban

Jauh di mata, jauh di pikiran

Dimatikan, dibuat silent, disimpan dalam tas, diletakkan di meja lain sekalipun, para periset percaya kalau keberadaan smartphone di satu ruangan yang sama dengan penggunanya dapat menguras kemampuan otak, terutama di segi memori dan penyelesaian masalah.

Menurut para periset, efek ini lebih dirasakan oleh para individu dengan frekuensi penggunaan smartphone tinggi per harinya. Sederhananya, semakin Anda tergantung pada ponsel, semakin kuat pula “daya tariknya” bagi otak.

Studi terkait lain menemukan bahwa mahasiswa cenderung lebih mengingat isi kuliah jika mereka mencatat langsung materi dibanding menggunakan laptop. Sama seperti smartphone, laptop juga dianggap sebagai objek yang menarik fokus dan menguras kapasitas otak. Mengingat semakin besarnya peran smartphone dan gadget lainnya dalam hidup, penemuan ini cukup kontroversial.

Tentu saja di zaman ini, mustahil rasanya untuk meninggalkan ponsel Anda sepenuhnya. Meski begitu, untuk Anda yang sesekali bekerja di luar kantor atau pekerja lepas, Anda bisa meningkatkan fokus kerja dengan meninggalkan ponsel di rumah. Merepotkan? Mungkin. Efisien? Bisa jadi. Coba saja.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next