Membicarakan Rekan Kerja dengan Cara yang Positif | Qerja

Membicarakan Rekan Kerja dengan Cara yang Positif

Eka Utami, 2 years ago
Membicarakan Rekan Kerja dengan Cara yang Positif

Kebanyakan orang lebih mudah melihat kekurangan orang lain. Mereka begitu menikmati ketika membicarakan keburukan orang di belakang. Mereka bergunjing sambil berbisik dan cekikikan. Gosip negatif selalu merugikan, baik di kantor atau di lingkungan pergaulan lainnya. Rumor tidak benar di kantor bahkan bisa merusak kerja sama tim.

Namun, pernahkah Anda membayangkan sebaliknya? Jika Anda membicarakan hal positif tentang seseorang, meskipun itu hanya gosip. Berdasarkan penelitian dari Universitas Harvard yang dikutip Inc, membicarakan rekan kerja dengan cara yang positif dapat membawa kebahagiaan. Rekan kerja yang mendengar akan merasa dihargai, bahkan akhirnya mendorong kinerja yang kreatif.

Para peneliti menekankan bahwa efektivitas tim dapat lumpuh karena orang-orang memaksakan diri  ingin diterima, terutama karena mereka pendatang baru. Selain itu informasi dan opini negatif  juga dapat merusak keharmonisan tim. Tapi, pembicaraan positif tentang seseorang di dalam tim mengubah dinamika tersebut.

Lidah memang tak bertulang. Anda yang bisa memilih bagaimana menggunakannya untuk hal positif atau negatif. Berikut tips membicarakan rekan kerja dengan cara yang positif.

Memberi dukungan ketika rekan dijatuhkan

Mungkin Anda sering melihat momen di mana pembicaraan seorang rekan kerja yang selalu dipotong saat menyampaikan ide. Bahkan mereka dikecam dan disudutkan manajer di ruang rapat bersama. Jika melihat hal itu sebagai satu kesalahan, maka Anda harus ada di samping mereka. Bantu mereka dengan argumen yang menguatkan pendapatnya. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi suasana negatif di dalam ruangan.

Sebar gosip positif

Mungkin Anda termasuk orang yang merasa segan memuji kebaikan orang lain secara langsung. Anda bisa membicarakan kekaguman terhadap rekan kerja pada teman kantor lainnya. Jika Anda tertangkap menyebarkan berita positif tentang orang lain, maka subjek pembicaraan akan merasa senang karena mendapat penghargaan. Dia akan berterima kasih kepada Anda.

Membangun kesan positif



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next