Apa Itu Head Hunter dan Cara Menarik Perhatian Mereka | Qerja

Apa Itu Head Hunter dan Cara Menarik Perhatian Mereka

Qerja, 3 years ago
Apa Itu Head Hunter dan Cara Menarik Perhatian Mereka

Mungkin Anda pernah mendengar istilah head hunter, atau justru Anda adalah seorang tenaga profesional yang pernah dihubungi head hunter untuk sebuah pekerjaan.

Atau apakah kata ”head hunter” masih asing terdengar di telinga? Head hunter adalah konsultan yang dipercaya perusahaan untuk mencari tenaga kerja dengan keahlian spesifik.

Jasa head hunter dibutuhkan untuk memilah kandidat terbaik untuk posisi profesional atau senior executive. Biasanya, lowongan kerja tersebut tidak diumumkan luas dalam bentuk iklan. Sehingga tidak sembarang orang bisa mendaftar untuk jabatan tersebut.

Para “pemburu” ini mencari tenaga profesional sesuai kebutuhan kliennya. Pertama-tama mereka akan mengidentifikasi spesifikasi tenaga kerja yang diinginkan perusahaan. Kemudian head hunter menawarkan nama-nama kandidat karyawan yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Jadi, jika Anda termasuk dalam daftar dan pernah dihubungi head hunter untuk sebuah pekerjaan, artinya Anda sudah terkenal sebagai profesional dengan kinerja yang baik.

Agar bisa masuk dalam daftar pencarian head hunter, Anda bisa mempercantik curriculum vitae yang Anda pajang di media sosial prbadi. Pastikan CV yang Anda buat dapat memukau head hunter sejak  detik pertama. Berikut saran memoles CV yang dikutip dari situs michaelpage.co.uk.  Beberapa poin penting yang harus dicantumkan pada CV yaitu:

Peran dan tanggung jawab. Cantumkan daftar tugas dan tanggung jawab yang pernah Anda emban yang relevan dengan posisi yang Anda inginkan. Anda tidak perlu bertele-tele dengan menulis semua pekerjaan yang pernah Anda lakukan di perusahaan sebelumnya.

Pengalaman. Tuliskan pengalaman kerja yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Ungkapkan dengan jelas dan spesifik tentang kontribusi Anda dalam sebuah proyek. Hal ini akan meningkatkan “nilai jual” Anda.

Keterampilan. Lengkapi CV dengan daftar keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang ditawarkan. Hal ini akan membuat pembaca yakin bahwa Anda benar-benar bisa  dipercaya untuk menerima beban kerja yang ditawarkan.

Hasil dan prestasi. Head hunter juga akan memperhatikan hasil kerja yang sudah Anda capai di perusahaan sebelumnya. Tuliskan prestasi terbaik dan jangan ragu untuk menambahkan keterangan bahwa Anda telah melampaui target pada beberapa proyek.

Pendidikan. Pastikan Anda menyorot sertifikat pendidikan yang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan. Selain ijazah dari sekolah formal, mungkin Anda pernah mengikuti pelatihan khusus yang diselenggarakan satu lembaga terkenal dan erpercaya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next