Anda Sebetulnya Produktif atau Sekedar Sibuk: Kenali Bedanya | Qerja

Anda Sebetulnya Produktif atau Sekedar Sibuk: Kenali Bedanya

Steffi Teowira, 2 years ago
Anda Sebetulnya Produktif atau Sekedar Sibuk: Kenali Bedanya

Sibuk bukan berarti produktif, produktif juga belum tentu berarti sibuk tak kepalang. Kedua fitur ini sering tertukar satu sama lain, tak hanya oleh pegawai, tapi juga pihak manajemen. Mereka mengira, jika pegawai tidak berkutat dengan segudang tugas maka mereka tidak memberi kontribusi cukup. Padahal, produktivitas tidak semata dibatasi waktu kerja dan jumlah tugas.

Jika selama ini Anda hanya sekedar sibuk, mungkin ada beberapa kebiasaan kerja yang bisa Anda ganti agar benar-benar produktif.

1. Prioritas

Jika ditanya, pegawai sibuk dan produktif sama-sama punya sederet kewajiban, tapi hanya pegawai yang benar-benar produktif yang mampu menyusun jadwalnya dan mengelompokkan hingga ada kurang dari lima tugas per hari, karena mereka paham menentukan prioritas.

Sebaliknya, pegawai sibuk menganggap semuanya sebagai prioritas. Alhasil, semua pun dijadwalkan tanpa membedakan kepentingan dan urgensinya. Tidak heran kalau pegawai sibuk lebih sering kewalahan di penghujung hari dibanding yang produktif.

2. Mengiyakan dan menolak tugas

Mengiyakan semua tugas yang mampir ke meja kerja memang memberi ilusi kalau seorang pegawai sepenuhnya berkontribusi. Mereka yang benar-benar produktif jauh lebih berhati-hati dalam memberi janji dan mengalokasikan waktu. Mereka akan banyak minta informasi sebelumnya dan Jika dirasa tidak bisa menyanggupi tugas sebelum tenggat waktu, mereka tidak sungkan menolak atau mencoba kompromi.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next