Menjadi Produktif Pada Pagi Hari | Qerja

Menjadi Produktif Pada Pagi Hari

Eka Utami, 2 years ago
Menjadi Produktif Pada Pagi Hari

Apakah pagi Anda selalu dimulai dengan cara yang buruk? Anda bangun dengan malas dan menekan tombol snooze di alarm ponsel berulang kali. Kemudian Anda memeriksa Facebook sambil terlentang untuk mendapatkan “mood”. Pada saat sampai di tempat kerja, Anda langsung membuka email dan menanggapinya satu per satu. Sampai akhirnya Anda tersadar bahwa belum melakukan apa-apa padahal hari sudah menjelang siang.

Sebenarnya Anda bisa berusaha untuk lebih produktif di pagi hari. Hal ini bisa dilakukan semua orang bahkan oleh Anda yang tidak terbiasa bangun pagi sekalipun. Berikut tips produktif di pagi hari seperti disarikan dari Pay Scale.

Hindari memeriksa email di dua waktu krusial

Sebagian orang berpendapat kalau memeriksa surat elektronik di pagi hari bisa membuat fokus bekerja sepanjang hari. Anda jadi tahu apa yang harus dilakukan berdasarkan surat-surat elektronik tersebut. Padahal, ketika Anda bangun dan langsung menyelami email atau Facebook, malah akan membuat kehilangan fokus. Anda akan mengalah pada keinginan dan kebutuhan orang lain. Jadi, pekerjaan Anda seharian hanya “melayani” orang lain. Padahal, Anda bisa menggunakan waktu di pagi hari yang berharga itu untuk “me time”.

Sebuah studi berbasis neuroscience oleh Universitas Michigan menemukan fakta bahwa otak orang dewasa bisa fokus antara pukul 09.00 dan 11.00. Saat itulah tingkat hormon stres kortisol yang moderat masuk. Jika selama jangka waktu tersebut hanya digunakan untuk memeriksa email, maka Anda tidak membiarkan otak untuk melakukan pekerjaan terbaiknya. Jadi, jika Anda ingin memaksimalkan produktivitas setiap hari, hindari email dari pukul 9 pagi sampai 11 pagi.

Melakukan hal yang disukai

Apakah Anda suka membaca koran sambil sarapan pagi? Jika ya, lakukan saja hal ini untuk memulai hari. Jika Anda punya tahu akan melakukan hal menarik di pagi hari, maka Anda akan bangun dengan semangat. Tentu tidak semua hari seperti Hari Natal di mana Anda bisa membuka kado sesaat setelah bangun pagi. Tidak semua hari seperti Hari Lebaran di mana Anda bisa langsung minum atau makan setelah sebulan terbangun dalam keadaan berpuasa.Tapi, Anda bisa membangkitkan kebahagiaan hari raya setiap saat, jika melakukan hal menyenangkan di pagi hari.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next