Tips Menghadapi Wawancara Kerja Kedua | Page 2 | Qerja

Tips Menghadapi Wawancara Kerja Kedua

Eka Utami, 2 years ago
Tips Menghadapi Wawancara Kerja Kedua

Bersiaplah untuk pertanyaan tidak terduga. Pertanyaan yang mungkin mengajak Anda untuk “berpikir di luar kotak”. Pertanyaan ini seperti tidak ada hubungan dengan pekerjaan. Namun, mereka ingin melihat bagaimana cara Anda menjawab. Pertanyaan ini akan mengacaukan situasi. Tapi, kalau Anda tidak siap, mungkin akan menjawab dengan tergagap.

Ajukan banyak pertanyaan

Siapkan pertanyaan untuk diajukan di akhir sesi wawancara. Mungkin Anda bisa ppunya lebih banyak kesempatan bertanya pada wawancara kedua. Jika di akhir sesi Anda tidak mendapat kejelasan tentang perekrutan, Anda boleh bertanya tentang jangka waktu yang diperlukan untuk membuat keputusan. Lalu, Anda juga bisa menanyakan soal cara pemberitahuan pengumunan kandidat terpilih. Apakah melalui email, telepon atau media komunikasi lainnya?

Kecocokan budaya kerja

Wawancara kedua akan digunakan atasan untuk menilai kecocokan budaya kerja dengan kepribadian Anda. Sebagai kandidat, Anda bisa melihat gelagat pewawancara yang sedang mengecek apakah Anda bisa bergaul dengan anggota tim yang akan berinteraksi setiap hari. Sekarang adalah waktu untuk menggunakan kemampuan komunikasi interpersonal terbaik Anda.

Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mencoba terlihat cocok denan budaya kerja perusahaan. Bersikap alami saja seperti biasanya. Jika memang kepribadian dan gaya kerja Anda tidak sesuai, maka Anda tidak akan cocok bekerja di perusahaan itu.

Mengucapkan terima kasih

Pastikan Anda menindaklanjuti wawancara kedua dengan semua pewawancara. Anda bisa mengirim email berisi ucapan terima kasih dengan segera. Ungkapkan ketertarikan Anda pada perusahaan pada umumnya dan pekerjaan pada khususnya.

Ingat, terlepas dari apakah Anda akan ditawari pekerjaan atau tidak, wawancara kedua bisa berarti Anda lebih dekat pekerjaan impian! –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr

.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next