4 Etika Networking dengan Teman dan Keluarga | Qerja

4 Etika Networking dengan Teman dan Keluarga

Qerja, 5 years ago
4 Etika Networking dengan Teman dan Keluarga

It’s not what you know, it’s who you know. Anda pernah mendengar ucapan ini, bukan? Jika Anda sedang mencari kerja atau butuh bantuan yang bersifat profesional, memanfaatkan koneksi adalah salah satu kunci untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Teman-teman dan anggota keluarga adalah rantai koneksi berharga karena Anda tidak perlu lagi mencari ‘celah’ masuk untuk berkenalan terlebih dulu. Apalagi saat Lebaran seperti sekarang ini, Anda akan bertemu dengan banyak teman dan keluarga, mungkin ada salah satunya yang sudah Anda nilai bisa memberikan nilai tambah untuk pekerjaan Anda.

Namun sebelum Anda mulai bertanya-tanya, simak beberapa beberapa etika yang perlu Anda perhatikan agar keseimbangan antara hubungan pribadi dan profesional Anda terjaga baik. 

1. Pelihara Hubungan Baik
Tidak menyenangkan, bukan, jika setelah bertahun-tahun tidak menjalin komunikasi, Anda mendadak menyapa hanya untuk meminta bantuan?
networking koneksi teman keluarga
Networking dengan kolega sejawat saja perlu di-maintain, apalagi teman dan anggota keluarga, terlebih karena Anda juga menjalin hubungan pribadi dengan mereka. Jika Anda tidak bisa sering bertemu, sesekali kirimkan pesan menanyakan kabar agar tidak terasa canggung kali lain Anda butuh bantuan mereka.

2. Terus Terang Ungkapkan Niat Anda

Beberapa orang mungkin lebih peka dan akan langsung menawarkan bantuan ketika Anda bercerita kalau Anda sedang mencari pekerjaan atau sedang bermasalah di bidang pekerjaan. Namun kadang, walau mereka simpatik dengan dilema Anda, teman dan keluarga tidak bisa menebak pikiran Anda. Reach out, ungkapkan tujuan Anda dengan sopan, dan rencanakan waktu untuk bertemu.

networking koneksi teman keluarga



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next