Bank Mandiri Mengubah Budaya Kerja: Boleh Pakai Jeans

Oleh Eka Utami, 5 years ago

Sejak akhir 2015 lalu, pucuk pimpinan Bank Mandiri dijabat oleh orang baru yang muda dan bertalenta. Direktur Bank Mandiri itu benama Kartika Wirjoatmodjo. Menurut catatan katadata.co.id, pria berusia 43 tahun tersebut tercatat sebagai bos bank BUMN termuda saat ini. Maka tak heran jika Kartika mempunyai pemikiran yang segar untuk membawa Bank Mandiri lebih baik di masa yang akan datang.

Salah satu gebrakan yang dibuat Kartika adalah ide perubahan budaya kerja di lingkungan perusahaan. Dia seperti ingin menghilangkan kesan kekakuan dan konvensional yang melekat pada industri finansial. Berikut gaya kepemimpinan Kartika seperti dikutip dari tempo.co

Atasan tak boleh otoriter
Kebanyakan manajer perusahaan adalah pegawai senior dan berpengalaman dari generasi X. Salah satu budaya kerja di masa lalu yang diwariskan turun temurun adalah bagaimana bos selalu memerintah dan bawahan hanya bisa menuruti. Namun, menurut Kartika, sekarang bukan lagi zamannya kepemimpinan yang otoriter. Kartika meminta orang-orang yang duduk di posisi tinggi berpikiran terbuka dan tidak mendoktrin bawahan.

Pegawai punya ruang mengungkapkan pendapat
Sementara itu, pegawai juga tidak boleh hanya diam dan menunggu perintah atasan. Kartika membuka kesempatan yang lebar untuk para karyawan junior yang kebanyakan dari generasi Y dan Z mengungkapkan pendapat dan berdiskusi. Komunikasi dua arah seperti ini baik untuk kemajuan organisasi.

Pakaian pegawai lebih casual.


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami