Inspirasi Gaya Batik untuk Wanita Karier

Oleh Eka Utami, 5 years ago

Pada 2009, UNESCO memutuskan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Pemerintah menyambut baik keputusan ini sehingga menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Masyarakat pun turut gembira mendengar kabar tersebut. Mereka segera membuka lemari, memilih baju batik dan mengenakannya saat ke luar rumah. Dalam sekejap, jalanan kota diwarnai oleh corak batik yang indah dan berwarna-warni.

Euforia Hari Batik Nasional tidak berhenti sampai di situ saja. Sekarang, setiap tanggal 2 Oktober, hampir semua orang mengenakan batik saat pergi ke sekolah, tempat kerja atau bahkan pusat perbelanjaan. Bahkan, instansi pemerintah dan beberapa perusahaan melanjutkan tradisi ini dengan mewajibkan pegawai memakai batik ke kantor setiap Jumat.

Para pria mungkin lebih santai menanggapi keputusan tersebut. Mereka bisa dengan mudah memilih pakaian batik yang akan dikenakan ke kantor. Kemeja batik yang formal paling pas dipakai saat bekerja. Dengan begitu, mereka hanya tinggal menentukan corak batik yang diinginginkan. Apakah batik berwana terang dari pesisir atau batik coklat yang klasik dan elegan seperti dari keraton.

Namun, untuk para wanita, keputusan memilih batik untuk ke kantor menjadi hal yang lebih rumit . Ada berbagai jenis pakaian batik yang bisa dikenakan. Mulai dari blazer, blouse, dress hingga rok. Belum lagi pilihan warna yang bermacam-macam. Berikut inspirasi pakaian batik wanita yang cocok dikenakan untuk ke kantor.

Dress




Foto:  Instagram

Gaun satu potong ini akan membuat setiap wanita lebih feminin. Anda bisa pilih berbagai model dress batik untuk ke kantor. Menurut situs vemale.com, kain batik bisa dibuat menjadi beberapa model gaun yang akan membuat Anda tampak kekinian. Salah satunya adalah model dress batik asimetris yang  bisa menjadi pilihan Anda yang mau tampil etnik namun takut terkesan lawas. Gaun ini bisa menyatu di segala model dan bentuk tubuh dan membuatmu tampil makin percaya diri.

Selain itu, Anda juga bisa memilih model dress jenis halter dengan bagian kerah yang mengikat di leher akan membuat tampak elegan dan dewasa. Ada pula model gaun batik ala cheongsam yang cocok buat Anda yang ingin bergaya Asia.

 

Blazer


Foto: Flickr

Blazer selalu membuat Anda tampak rapi. Corak batik yang mewarnai blazer Anda tidak akan mengurangi fungsi pakaian tersebut. Anda tetap bisa memadukan blazer batik dengan kemeja, blouse, gaun, celana panjang atau rok. Sebaiknya Anda memilih padanan pakaian yang polos agar corak batik lebih menonjol.

Jenis outer ini juga cocok dipakai untuk Anda yang berhijab. Anda bisa padankan long dress hitam dengan blazer batik agar penampilan lebih berwarna. Jangan lupa pilih kerudung, aksesoris dan sepatu yang senada dengan warna batik.

Blus


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami