Naik Gaji Versus Naik Pangkat: Mana Yang Lebih Penting? | Qerja

Naik Gaji Versus Naik Pangkat: Mana Yang Lebih Penting?

Steffi Teowira, 2 years ago
Naik Gaji Versus Naik Pangkat: Mana Yang Lebih Penting?

Anda mungkin pernah berada di situasi ketika Anda dipromosi tapi tanpa kenaikan gaji, atau selalu naik gaji tapi tidak pernah dipromosi. Masing-masing bukan kondisi paling ideal. Tapi kalau bicara soal imbas ke kesuksesan jangka panjang, antara kenaikan gaji dan kenaikan pangkat, mana yang lebih penting?

Lebih penting naik gaji atau promosi?

Prospek kenaikan gaji dan kenaikan pangkat merupakan salah satu bentuk motivasi paling besar bagi karyawan. Memilih antara keduanya tentu tergantung prioritas masing-masing individu.

Tidak semua orang memperoleh kepuasan melalui ambisi karierand it’s perfectly fine—dan bagi Anda yang memiliki pandangan seperti ini, pekerjaan yang stabil, tidak menuntut, dan dilengkapi kompensasi memadai mungkin adalah definisi kehidupan profesional idaman.

qc-jkt-2019

Selain itu, jika target masa depan Anda adalah untuk mendirikan usaha sendiri, titel apapun yang Anda miliki bukan prioritas. Yang penting adalah pengalaman, keahlian, dan koneksi yang Anda dapat dari periode bekerja di perusahaan.

Sementara itu, titel kerja cukup penting untuk Anda yang berminat mendaki jenjang karier. Di banyak industri, terutama di korporasi, jalur karier biasanya vertikal: dari manajer ke kepala departemen ke vice ke chief. Jika jalan karier Anda tidak progresif, hal ini bisa menandakan bahwa Anda dianggap tidak cukup berprestasi untuk mendapat promosi.

Selain itu, pangkat di perusahaan sebelumnya juga kerap menjadi salah satu faktor pertimbangan bagi rekruiter ketika menempatkan kandidat dan melakukan negosiasi gaji: seorang eks manajer tentu saja akan mendapat tawaran dan posisi lebih tinggi dibanding eks staf.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next