Ask the Expert: Janji Naik Jabatan Tidak Dipenuhi

Oleh Steffi Teowira, 5 years ago
"Bagaimana cara menyikapi atasan yang pernah menjanjikan kenaikan jabatan tapi tak kunjung jadi kenyataan? Posisi jabatan saya sudah bisa diperhitungkan karena atasan saya sudah mempercayakan tanggung jawab lebih." - Riko

--------

Hai Riko,

Kemungkinan besar janji atasanmu ini tidak tertulis, tapi tidak apa-apa; hal ini memang lazim terjadi. Bisa jadi dia benar-benar sudah lupa. Coba tanyakan melalui email mengenai janji tersebut dan jadikan email ini sebagai bukti dokumentasi kelak.

Alternatif lain, komunikasikan hal ini langsung pada atasan. Tentu saja sebelum menjumpai atasan, persiapkan data dan dokumen berisi prestasi dan performa kerja selama ini yang menjadi alasan mengapa Anda pantas mendapat promosi. Sampaikan pada atasan bahwa Anda merasa telah siap dan cukup berkualifikasi untuk dipromosi. Tanyakan apa ada lagi yang bisa Anda lakukan untuk dianggap memenuhi syarat.

Jika setelah ditanya, atasan tidak juga memenuhi janjinya, tanyakan penyebabnya. Bisa jadi perusahaan sedang kekurangan dana untuk memberi promosi atau ekonomi sedang lesu. Kalau begitu, bersabarlah dan sampaikan pada atasan bahwa kamu berniat untuk tetap loyal pada perusahaan ini, tapi kariermu terasa stagnan.

Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami