7 Jenis Emosi yang Dirasakan selama Proses Wawancara Kerja | Page 2 | Qerja

7 Jenis Emosi yang Dirasakan selama Proses Wawancara Kerja

Eka Utami, 3 years ago
7 Jenis Emosi yang Dirasakan selama Proses Wawancara Kerja

Pikiran buruk yang menggerogoti pikiran membuat Anda mengecek ulang segala persiapan wawancara. Anda mengecek kembali segala perlengkapan yang harus dibawa di hari wawancara. Anda menyegarkan pikiran dengan membaca lagi company profile. Tapi, pada saat hari H, Anda tetap saja dilanda kepanikan. Karena tidak bisa tidur sepanjang malam sebelum wawancara kerja, Anda jadi salah memilih warna pakaian yang cocok. Seakan semua persiapan tak akan pernah cukup. Lalu Anda meninggalkan rumah dengan terburu-buru. Puncak kepanikan ini hadir pada saat-saat sebelum calon memasuki ruangan tempat wawancara berlangsung.

Fokus

Di ruang tunggu, saat menanti giliran masuk ke ruang wawancara, Anda mencoba menekan rasa panik. Anda memikirkan berbagai kombinasi pertanyaan yang mungkin dilontarkan dan bagaimana cara menjawabnya. Namun, ketika dipanggil masuk ruangan, badai kepanikan itu mereda. Kesalahan kostum tidak lagi mengganggu Anda. Lalu, Anda merasa segala persiapan sudah cukup. Anda siap masuk ruangan seperti petinju yang akan bertanding. Anda siap untuk menang. Anda fokus menaklukan segala tantangan.

Lega

Wawancara selesai, dan kandidat sekarang bisa bernafas lega dan melepaskannya. Sekarang saatnya untuk bersantai. Anda mencoba melupakan segala sesuatu yang terjadi di awal hari.

Frustasi

Sehari setelah wawancara, Anda akan mengingat kembali proses wawancara kerja. Anda menyesali beberapa kesalahan kecil dan jawaban yang kurang pas. Lalu, setelah beberapa hari tak ada telepon lanjutan dari pewawancara, Anda mulai frustasi. Ujian mental akan dimulai lagi. Maka itu, bersabarlah.

Wajar saja jika Anda merasa terlalu senang, atau bahkan frustasi selama proses wawancara kerja. Itu manusiawi. Tapi, sekarang Anda harus bisa menyikapinya dengan cara dewasa. Kuasai diri Anda sendiri dan cobalah untuk tenang. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next