Tiga Tips Ringankan Stress Jika Tak Bisa Cuti | Qerja

Tiga Tips Ringankan Stress Jika Tak Bisa Cuti

Steffi Teowira, 1 year ago
Tiga Tips Ringankan Stress Jika Tak Bisa Cuti

Ketika kesibukan dan kelelahan karena pekerjaan melanda, umumnya teman atau keluarga akan memberi saran agar Anda mengambil cuti untuk liburan sejenak. Memang benar, solusi terbaik untuk pegawai yang burnout adalah untuk rehat sejenak, jauh dari pekerjaan.

Nah, bagaimana jika Anda sedang tidak bisa cuti? Mungkin Anda sedang dikejar tenggat waktu proyek penting, atau mungkin Anda memang sudah kehabisan waktu cuti. Jangan khawatir. Anda tidak perlu terus merana. Coba salah satu tips mudah yang disadur dari The Muse ini.

 1. Ganti suasana

Mungkin Anda tidak punya kesempatan untuk menikmati pemandangan laut atau gunung dalam waktu dekat, tapi Anda tidak harus bepergian untuk rileks; sedikit perubahan suasana di tempat kerja saja dapat memiliki efek positif pada suasana hati dan semangat Anda.

Jika selama ini Anda merasa terkungkung di kubikel atau resah setiap kali melihat meja kerja yang dipenuhi tumpukan tugas, coba ubah persepsi Anda dengan melakukan perubahan kecil terhadap pemandangan dan suasana. Misalnya, membereskan meja agar rapi, menempatkan tanaman kecil, memasang foto keluarga atau pernak-pernik, apapun yang membuat Anda merasa senang saat melihatnya di meja.

Jika tempat kerja Anda cukup fleksibel, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk pindah ruangan kerja atau bahkan sesekali bekerja dari kafe.

2. Ubah rutinitas

Beberapa orang senang punya rutinitas dan kemudahan yang didapat dari aktivitas-aktivitas tetap. Namun, membuat sedikit perubahan terhadap kebiasaan dan jadwal sehari-hari dapat memberi efek positif.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next