Ingin Terlihat Cerdas Saat Interview? Pakai Kacamata! | Qerja

Ingin Terlihat Cerdas Saat Interview? Pakai Kacamata!

Eka Utami, 3 years ago
Ingin Terlihat Cerdas Saat Interview? Pakai Kacamata!

Semua orang tahu bahwa penampilan adalah salah satu hal penting dalam wawancara kerja. Ketika menghadiri sesi interview, Anda sudah siap untuk mengenakan pakaian terbaik dan berupaya tampil menawan. Tapi tahukah Anda bahwa ada hal lain yang dapat dilakukan agar lebih menarik bagi manajer perekrutan?

Berdasarkan sebuah studi yang dikutip situs Work It Daily, ternyata pencari kerja yang memakai kacamata cenderung lebih diterima oleh pewawancara. Menurut penelitian yang dilakukan di College of Optometris, sekitar 33 persen orang dewasa berpikir jika orang yang memakai kacamata terlihat lebih profesional. Sementara sebanyak 43 persen responden percaya bahwa mereka terlihat lebih cerdas.

Selain itu, menurut studi yang dilakukan oleh Essilor of America, produsen lensa kacamata, sekitar 74 persen dari 3.000 orang dewasa mengasosiasikan pemakai kaca dengan pustakawan. Sementara dan 71 persen responden menghubungkannya orang berkacamatan dengan profesi guru. Sekali lagi, orang yang memakai kacamata dipandang memiliki kecerdasan yang tinggi.

Mengapa Orang yang Memakai Kacamata Terlihat Lebih Cerdas?

Apakah mungkin jika hanya mengenakan kacamata bisa membuat kandidat terlihat lebih cerdas? Apakah benar kacamata bisa meningkatkan kesempatan untuk lolos dari sesi wawancara kerja? Pertanyaan ini memang agak rumit. Jawabannya pun sulit.

Pertama, pola pikir kita bisa saja terbentuk karena tontonan di televisi dan film. Biasanya, karakter kutu buku yang cerdas dalam film digambarkan memakai kacamata. Seiring waktu, masyarakat telah menangkap ini dan, akibatnya, orang berpikir lebih tinggi tentang mereka yang memakai kacamata. Selain itu, sebagian orang percaya bahwa orang berkacamata lebih baik dalam wawancara kerja. Kandidat berkacamata tampak lebih siap berbisnis dan siap bekerja.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next