Tiga Opsi Perencanaan Keuangan Suami Istri | Qerja

Tiga Opsi Perencanaan Keuangan Suami Istri

Steffi Teowira, 3 years ago
Tiga Opsi Perencanaan Keuangan Suami Istri

Konon katanya cinta saja tidak cukup untuk membangun rumah tangga yang sukses dan harmonis. Banyak hal yang perlu dibicarakan calon pasangan suami istri terlebih dulu sebelum resmi berlanjut ke jenjang pernikahan. Suka atau tidak, masalah finansial adalah salah satunya.

Di situasi apapun, uang adalah topik sensitif. Pasangan setidaknya perlu terbuka untuk membahasnya. Jika sulit sepemikiran soal perencanaan keuangan sebagai suami istri, hubungan ini akan menghadapi banyak tantangan kelak.

Sebagai pasangan, umumnya ada tiga opsi utama yang bisa Anda pilih untuk mengatur keuangan. Setiap skenario punya pro dan kontranya untuk Anda pertimbangkan dan bahas dengan pasangan. Apapun opsi yang Anda pilih, selalu jaga agar jalur komunikasi tetap lancar dan transparan.

1.  Anda dan pasangan punya rekening sendiri

Bila setuju untuk tetap independen soal keuangan, Anda dan pasangan bisa membahas soal berapa jumlah yang perlu dikeluarkan setiap bulannya untuk pengeluaran bersama dan menyusun budget sesuai kebutuhan.

Pro: Anda tidak perlu cemas kalau pasangan lebih boros atau hemat, karena toh ia hanya menggunakan uangnya sendiri. Anda sendiri juga bebas menentukan jatah pengeluaran tanpa harus meminta persetujuan terlebih dulu.

Kontra: Sistem pembayaran tagihan akan jadi sedikit rumit jika masing-masing memegang rekening sendiri. Selain itu, jika ada kondisi darurat, salah satu pasangan akan kesulitan mengakses dana yang dibutuhkan jika sebelumnya tidak ada persetujuan terkait situasi tersebut.

2. 50-50



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next