Agus Lahinta Memperkenalkan Kain Lokal Gorontalo Kepada Dunia | Page 2 | Qerja

Agus Lahinta Memperkenalkan Kain Lokal Gorontalo Kepada Dunia

Eka Utami, 3 years ago
Agus Lahinta Memperkenalkan Kain Lokal Gorontalo Kepada Dunia

Mereka jadi mengenal bahwa ada kain Indonesia selain batik dan songket, dan lain-lainl, yaitu Karawo.

Kemudian, bagaimana ceritanya bisa mendapat undangan ke Couture Fashion Week: New York Fashion Week 2017?

Saya mengikuti Couture Fashion Week New York 2017 pada bulan September 2017 di New York. Lagi-lagi saya mendapatkan network melalui Gallery of Indonesia yang selalu memperkenalkan budaya Indonesia, khususnya fashion. Kali ini, lewat Gallery of Indonesia, saya mengangkat tema The Touch of Karawo Gorontalo from Indonesia.

Suasana acara meriah karena dihadiri oleh pengamat dan pemerhati fashion dunia dan designer dari berbagai negara, diantaranya Brazil, Mexico, Prancis, India, Vietnam, Malaysia, Indonesia dan lain lain. Saya mendapatkan show di hari terakhir, tanggal 10 September 2017 Pukul 18.00.

Bagaimana respon pengunjung yang melihat show Anda?

Respon pengunjung antusias. Saya bersama tim menampilkan unsur Indonesia yang bukan hanya Gorontalo saja. Unsur Indonesia yang kami masukan di sini adalah musik dan aksesoris yang digunakan. Pengunjung antusias karena melihat sisi Indonesia yang ditampilkan.

Bagaimana tanggapan pengunjung terhadap Karawo itu sendiri?

Secara keseluruhan pengunjung kagum dengan karya seni sulaman Karawo. Apalagi setelah saya menjelaskan proses pembuatannya yang rumit karena ada 5 tahapan dalam membuat kain Karawo. Ditambah lagi dengan motif-motif yang saya tampilkan pada event ini adalah motif yang mengambarkan tentang kekayaan budaya dan alam yang ada di Gorontalo. Sehingga secara lengkap saya bisa memperkenalkan juga Gorontalo kepada pengunjung atau audience yang menyaksikan. Hal ini berbuah kekaguman akan kain sulaman dari Gorontalo ini.

Di samping design suit yang ditampilkan memadukan unsur etnik Gorontalo dan juga Indonesia. Hal ini membawa ketertarikan tersendiri bagi pengunjung dan juga para model yang mengenakan busana kami.

Apakah ada tawaran atau peluang yang didapat setelah mengikuti Couture Fashion Week?

Momen ini adalah momen pertama Karawo Go International. Peluang yang didapat adalah mempunyai kesempatan untuk bisa memperkenalkan kembali kain sulaman Gorontalo ini ke Pasar Amerika.

Ada tawaran yang akan coba kami jajaki bersama sponsor saya yakni Bank Indonesia untuk mengikuti ajang New York NOW yang akan berlangsung tahun depan. (Ajang) Ini akan melalui seleksi yang sangat ketat di tingkat regional dan nasional. Di sisi lain, saya merasa mempunyai tanggung jawab moril untuk menjadikan Karawo Gorontalo dapat “berbicara” di tingkat dunia setelah mengikuti ajang ini.

Ini akan menjadi catatan tersendiri bagi saya untuk maju.

Ada masukan tertentu yang didapat setelah mengikuti Couture Fashion Week?

Masukan yang berarti bagi saya adalah memahami pasar, mempelajari tren fashion dunia dan mengetahui selera berpakaian mereka. Di sisi lain, saya bisa lebih berbenah untuk meningkatkan kualitas produk karena kami sekarang sudah akan membidik pasar global. Hal ini membutuhkan standar tersendiri yang lebih bagus lagi. Saya menjadikan hal ini sebagai tantangan untuk mengembangkan kain sulaman Karawo Gorontalo lebih maju dan lebih diterima pasar di luar Gorontalo dan di luar Indonesia.

Apa harapan Anda di masa mendatang?

Harapan saya agar Karawo lebih dikenal lagi, masyarakat lebih mencintai dan mau mengenakan Karawo. Saya juga berharap bisa membuat satu sentra industri Karawo sehingga bisa mempekerjakan banyak orang. Dengan begitu, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat bawah yang bekerja pada bidang itu (kerajinan Karawo).

Harapan lainnya adalah semakin banyak yang memberi dukungan kepada saya untuk pengembangan Karawo. Sejak 2017, saya mendapat dukungan sepenuhnya dari Bank Indonesia Gorontalo untuk pengelolaan Karawo. Saya juga berharap agar pengrajin Karawo bisa merasakan seperti apa yang saya rasakan selama ini, khususnya kebanggaan bahwa Karawo lebih dikenal luas oleh masyarakat. –Qerja.com



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next