Stalking Pewawancara: Hal yang Perlu Anda Tahu sebelum Menghadiri Sesi Interview | Qerja

Stalking Pewawancara: Hal yang Perlu Anda Tahu sebelum Menghadiri Sesi Interview

Eka Utami, 3 years ago
Stalking Pewawancara: Hal yang Perlu Anda Tahu sebelum Menghadiri Sesi Interview

Anda pasti bangga jika berhasil mencapai tahap wawancara kerja. Sebab, di pasar kerja yang kompetitif seperti sekarang ini, sulit sekali menyisihkan kandidat berkualitas lainnya.

Sekarang, Anda harus menggunakan kesempatan dengan baik untuk meyakinkan pewawancara bahwa Anda adalah kandidat terbaik. Salah satu persiapan yang bisa Anda lakukan adalah melakukan riset tentang calon pewawancara yang akan ditemui pada sesi interview nanti, baik user atau manajer perekrutan.

Berbekal hasil penelitian tentang pewawancara, membuat posisi Anda selangkah lebih maju dari pada pesaing lainnya. Hal ini bisa membuat percakapan Anda dengan pewawancara mengalir lebih baik, mengurangi ketegangan, dan membuat Anda tampak lebih percaya diri. Berikut beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang pewawancara sebelum menghadiri sesi interview seperti disarikan dari situs U.S. News.

Biodata pewawancara. Anda bisa mencari akun LinkedIn atau Facebook pewawancara, lalu cek biodatanya. Apakah Anda menemukan kesamaan dengannya? Jangan-jangan Anda pernah bekerja di perusahaan yang sama sebelumnya, namun kalian tidak pernah bertemu muka. Atau mungkin Anda dan pewawancara ternyata lulus dari sekolah atau kampus yang sama. Mendapati kesamaan bisa mengurangi ketegangan Anda sebelum bertemu dengan pewawancara. Dia tidak lagi nampak menakutkan dalam bayangan Anda. Modal pengetahuan ini bisa jadi pembuka percakapan yang menyenangkan antara Anda dan pewawancara.

Teman atau rekan kerja yang sama. Apakah Anda menemukan akun pewawancara di LinkedIn, Facebook, atau Twitter? Adakah satu orang yang kalian berdua kenal atau ikuti? Bagaimana pewawancara bisa mengenal orang ini? Teman yang sama bisa menjadi cara yang baik untuk memulai percakapan dan berpotensi membuat pewawancara mengingat Anda lebih baik.

Gaya wawancara. Pertanyaan apa yang akan ditanyakan pewawancara kepada Anda? Anda bisa menjawab pertanyaan ini jika mencari tahu dan membaca karya tulis yang pernah dipublikasikan pewawancara. Mungkin, calon pewawancara Anda adalah manajer perekrutan yang sudah ahli di bidangnya selama bertahun-tahun. Bisa saja dia menulis artikel, opini, atau karya ilmiah lainnya tentang bidang yang digeluti. Dengan membaca tulisan sang pewawancara, Anda bisa mengira jenis pertanyaan yang mungkin mereka ajukan. Jangan lupa untuk mempraktikkan jawaban Anda atas pertanyaan itu!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next