Cara Mengecek Tawaran Pekerjaan Asli atau Palsu | Qerja

Cara Mengecek Tawaran Pekerjaan Asli atau Palsu

Eka Utami, 2 years ago
Cara Mengecek Tawaran Pekerjaan Asli atau Palsu

Menjadi pengangguran memang  tidak enak. Maka, masa-masa menunggu mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah seringkali bikin frustasi. Dalam keadaan stres dan hampir putus asa ini, ada saja orang jahat yang mungkin memanfaatkan Anda. Mereka adalah orang-orang yang memberikan tawaran pekerjaan palsu.

Biasanya, tawaran pekerjaan itu datang setelah sekian lama melamar sana-sini, tetapi tidak membuahkan hasil. Ketika undangan wawancara masuk ke ponsel atau email, Anda merasa senang luar biasa. “Akhirnya, ada perusahaan yang mengakui talenta saya,” pikir Anda. Anda bersemangat karena ada perusahaan yang benar membutuhkan keahlian Anda. Tapi, tunggu, Anda patut curiga dengan tawaran pekerjaan yang datang tiba-tiba. Berikut cara mengecek tawaran pekerjaan asli atau palsu seperti disarikan dari Career Addict.

Anda tidak pernah melamar ke perusahaan tersebut

Tanda yang paling jelas dari tawaran pekerjaan palsu bisa dilihat dari nama perusahaan dan jenis pekerjaan. Coba ingat, apakah Anda pernah melamar kerja ke perusahaan itu? Anda harus bertanya: Mengapa sebuah perusahaan memilih kandidat secara acak? Mengapa mereka mengirimkan tawaran pekerjaan kepada orang yang tidak pernah melamar ke perusahaan?

qc-jkt-2019

Untuk mengetahui tawaran kerja ini asli atau palsu, Anda bisa mengecek daftar perusahaan yang pernah dilamar sebelumnya. Jika memang nama perusahaan itu tidak cocok dengan catatan Anda, maka jangan tanggapi surat elektronik tersebut. Kalau perlu, Anda bisa menyaring setiap pesan yang dikirim dari alamat email tersebut untuk masuk spam.

Tawaran gaji tidak masuk akal

Jika mendapat tawaran pekerjaan dengan gaji sangat besar untuk pegawai pemula, maka Anda patut curiga. Ada pepatah lama mengingatkan kita tentang hal ini: “Terlalu bagus untuk menjadi kenyataan”. Jadi, kalau Anda dijanjikan bayaran yang terlalu tinggi, jangan senang dulu, sebab bisa saja tawaran kerja itu adalah palsu.

Deskripsi pekerjaan tidak jelas



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next