Teman dan Keluarga Tak Mendukung Pilihan Karier: Harus Bagaimana? | Qerja

Teman dan Keluarga Tak Mendukung Pilihan Karier: Harus Bagaimana?

Steffi Teowira, 3 years ago
Teman dan Keluarga Tak Mendukung Pilihan Karier: Harus Bagaimana?

Bagi kebanyakan orang, teman dan keluarga adalah sumber dukungan dan kasih sayang yang paling solid. Ketika ada masalah, merekalah yang pertama Anda cari. Namun, mungkin ada beberapa periode dalam hidup ketika bahkan teman dan keluarga tidak bisa Anda andalkan sebagai support system. Salah satunya adalah ketika Anda berniat mengambil langkah karier yang tidak mereka dukung.

Baik itu keluar kerja, ganti karier, atau memutuskan untuk membuka usaha sendiri, tidak semua pilihan profesional Anda akan mendapat dukungan 100 persen dari orang-orang terdekat. Jika sudah begitu, harus bagaimana?

1. Pahami alasan penolakan mereka

Asumsikan bahwa mereka memang menyuarakan penolakan demi kebaikan Anda. Ada juga kemungkinan bahwa alasan-alasan yang mereka ajukan cukup masuk akal. Dengarkan saja dulu mengapa mereka merasa Anda sebaiknya tidak mengambil jalan karier pilihan. Misalnya, Anda dari dulu terkenal cepat bosan atau industri yang ingin Anda masuki dianggap terlalu keras.

Bagaimanapun juga, pilihan karier yang cukup besar berimbas pada hidup dan masa depan. Jangan keburu menepis larangan-larangan mereka dulu. Tidak ada salahnya Anda jadikan argumen mereka sebagai bahan pertimbangan, sebentuk pro kontra, sebelum Anda sendiri terjun mengubah jalan hidup.

2. Jangan berusaha mendebat

Jika tidak siap merusak hubungan baik selama ini, lebih baik jangan jadikan perseteruan. Teman dan keluarga bisa jadi akan kesulitan atau menolak memahami jalan pikiran Anda, seampuh apapun Anda mencoba membujuk mereka karena mereka umumnya memberi respon sesuai pengalaman masing-masing.

Alih-alih, ajak mereka untuk duduk bersama dan jelaskan dengan tenang mengapa Anda mengambil keputusan karier tersebut beserta langkah-langkah konkrit yang telah Anda ambil. Sampaikan bahwa Anda menghargai opini mereka dan berharap mereka bisa mendukung Anda.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next