Cek Empat Hal Ini Sebelum Kirim Surat Lamaran | Qerja

Cek Empat Hal Ini Sebelum Kirim Surat Lamaran

Steffi Teowira, 2 years ago
Cek Empat Hal Ini Sebelum Kirim Surat Lamaran

CV sudah oke? Check. Laman LinkedIn sudah di-update? Check. Antusias dengan prospek karier baru? Juga check! Tinggal kirimkan CV beserta surat lamaran, deh.

Tapi tunggu dulu. Di pasaran kerja yang ekstra kompetitif, setiap detail kecil bisa menjadi penentu jalur karier. Sudahkah Anda memastikan kesuksesan dengan mengecek empat hal ini dalam surat lamaran Anda?

1. Panjang surat

Kuantitas tidak selalu sama dengan kualitas. Pemahaman ini juga berlaku untuk panjang surat lamaran. Meski pihak perusahaan biasanya tidak menetapkan batasan minimum, seorang staf HR di perusahaan berskala menengah di Indonesia saja rata-rata bisa menerima puluhan hingga ratusan surat lamaran. Surat lamaran panjang lebar biasanya tidak akan menjadi poin plus, bahkan bisa jadi malah tidak diacuhkan.

Targetkan panjang surat lamaran sekitar satu lembar halaman Microsoft Word. Jika sampai jauh melampaui batas ini, edit lagi surat Anda dan minta pendapat orang terdekat.

2. Nama manajer HR

Hal pertama yang dibaca oleh penerima surat lamaran adalah nama dan titelnya. Sebisa mungkin cari tahu nama anggota HR atau manajer perusahaan tempat Anda melamar, bisa dari LinkedIn perusahaan atau menghubungi langsung. Jika Anda hanya menyampaikannya pada “Bapak/Ibu di tempat”, kesannya Anda kurang peduli dan mengirimkan surat lamaran ini secara “grosir” ke banyak perusahaan sekaligus.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next