Tips Wawancara Kerja untuk Kandidat Introvert | Qerja

Tips Wawancara Kerja untuk Kandidat Introvert

Eka Utami, 2 years ago
Tips Wawancara Kerja untuk Kandidat Introvert

Hampir semua orang merasa stres sebelum menghadapi wawancara kerja. Namun, masalah ini bisa lebih rumit untuk para introvert. Orang dengan kepribadian tertutup ini harus berjuang keras saat berhadapan dengan pewawancara, berusaha membuka kata dengan obrolan ringan, dan mempromosikan diri. Jadi, para introvert harus memersiapkan diri lebih matang sebelum menghadiri wawancara kerja. Berikut tips menghadapi interview untuk orang berkepribadian tertutup seperti disarikan dari The Balance.

Atur jadwal wawancara dengan bijak

Bagi introvert, berhadapan dengan situasi sosial tertentu dan berkenalan dengan orang baru cukup sulit. Maka, hindari wawancara kerja di beberapa perusahaan dalam satu hari. Anda perlu fokus dan memusatkan energi pada satu wawancara kerja saja. Hal itu saja sudah membuat Anda merasa “lelah”.

Namun, bisa saja Anda terjebak dalam situasi yang mengharuskan bertemu dengan beberapa pewawancara dalam satu hari. Jika hal itu terjadi, jangan malu meminta jeda waktu antara wawancara yang satu dan lainnya. Gunakan waktu sejenak untuk minum air putih, tarik napas dalam-dalam, dan beri semangat pada diri sendiri agar bisa berbicara lancar dengan orang yang baru dikenal.

Lakukan riset

Sebelum hari H wawancara kerja, luangkan waktu untuk meriset perusahaan. Anda bisa melihat situs resmi perusahaan, mencari berita terkini, dan siaran pers tentang perusahaan di dunia maya. Anda juga bisa mengecek review perusahaan situs Qerja. Anda bisa membaca ulasan beberapa orang terkait perusahaan. Siapa tahu, ada pegawai yang curhat tentang masa interview dan budaya kerja perusahaan. Jika Anda mendapat informasi tentang orang yang akan menjadi pewawancara, carilah profil mereka di LinkedIn. Semua hasil penelitian ini akan membantu Anda sehingga bisa punya gambaran jelas tentang suasana wawancara. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih percaya diri.

Bersiap menghadapi pertanyaan

Biasanya, orang berkepribadian tertutup tidak suka dihadapkan dalam situasi di mana harus memberi tanggapan cepat. Para introvert harus mencerna dan merumuskan jawaban terlebih dahulu. Tapi, Anda bisa menyiasatinya. Sebagian pertanyaan wawancara kerja adalah pertanyaan umum. Misalnya, tentang kelebihan dan kekurangan diri, pengalaman kerja, dan sebagainya. Anda bisa berlatih menjawab pertanyaan tersebut di depan cermin. Jika Anda melihat diri sendiri gugup, maka cobalah memerbaiki sikap tersebut. Dengan latihan berulang, Anda bisa lebih mantap menjawab pertanyaan di hadapan pewawancara.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next