Lima Tanda Rekan Kerja yang Baik | Qerja

Lima Tanda Rekan Kerja yang Baik

Eka Utami, 8 months ago
Lima Tanda Rekan Kerja yang Baik

Rekan kerja bisa jadi salah satu faktor yang membuat Anda bersemangat untuk pergi ke kantor. Teman kantor yang mendukung dalam pekerjaan bisa menjadikan Anda merasa senang selama berada di tempat kerja. Bahkan, rekan kerja yang menyenangkan bisa menjadi alasan buat Anda mengurungkan niat mengundurkan diri dari perusahaan.

Lalu, siapakah rekan kerja yang baik itu? Dia adalah orang  yang bisa berbagi pada orang-orang di sekitarnya. Dia adalah orang yang ringan tangan untuk membantu orang lain. Dia mau bekerja ekstra dalam memecahkan masalah. Dia akan menurunkan ego, dan mau belajar dari orang lain, bahkan saat dikritik sekalipun. Berikut lima tanda rekan kerja yang baik seperti disarikan dari Chron. Apakah Anda punya rekan kerja yang baik? Apakah Anda menjadi teman kantor yang bermanfaat untuk semua orang?

Mau menerima kritik

Kemampuan untuk menerima kritik adalah sifat penting yang harus dimiliki agar bisa bertahan dalam pekerjaan apa pun. Biasanya, sifat ini adalah garis pemisah antara staf junior dan senior. Pegawai senior cenderung menafsirkan komentar kolega yang tidak menyenangkan secara pribadi. Sementara pegawai junior akan menerima segala kritik bulat-bulat. Tapi, seorang kolega yang baik mau mendengar pendapat, syarat, dan komentar pedas orang lain untuk kebaikan diri, tidak peduli dengan senioritas. Jika And apunya rekan yang mau menerima kritik, maka dia adalah teman sejati Anda di kantor.

Mampu beradaptasi

Bagi sebagian besar pekerja baru, beradaptasi dengan lingkungan anyar cukup menantang. Seorang pegawai harus punya kemampuan membaca isyarat sosial. Karyawan yang cerdik akan menyesuaikannya diri dengan tepat. Jika kebiasaan pegawai kantor adalah bersosialisasi setelah pulang kerja, maka karyawan baru harus ikut dalam pertemuan itu beberapa kali. Sebaliknya, jika pegawai baru justru menjaga jarak sosial yang besar dengan pegawai kantor lainnya, maka dipastikan akan sulit beradaptasi.

Berpikir kreatif

Karyawan yang baik akan mengesankan manajer dengan melampaui batas deskripsi pekerjaan. Anda akan menjadi kolega terbaik untuk rekan kerja karena mampu berinisiatif tanpa menunggu instruksi dari manajer. Anda pasti senang jika punya rekan kerja satu tim yang mampu berpikir kreatif.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next