Tips Wawancara Kerja untuk Ekstrovert | Qerja

Tips Wawancara Kerja untuk Ekstrovert

Eka Utami, 2 years ago
Tips Wawancara Kerja untuk Ekstrovert

Kita sering mendengar saran wawancara kerja untuk para introvert. Penyebabnya karena orang-orang berkepribadian tertutup memang sulit bertatap muka, mengobrol panjang, apalagi sampai mempromosikan diri di hadapan orang lain.

Wawancara kerja mungkin terasa lebih mudah untuk orang-orang ekstrovert. Mereka sangat percaya diri dan bersemangat menghadapi sesi interview. Tapi, Anda yang berkepribadian terbuka tetap harus mengendalikan diri. Anda harus bisa menahan sifat riang yang berlebihan di hadapan pewawancara. Berikut tips wawancara kerja untuk para kandidat ekstrovert seperti disarikan dari Centrepoint.

Biarkan pewawancara yang mengendalikan

Pada saat memulai sesi interview, pewawancara akan membuka dengan beberapa kalimat. Anda perlu bersabar, jangan terpancing untuk mulai mengendalikan pembicaraan. Tunjukkan bahwa Anda juga bisa menjadi pendengar yang baik. Perhatikan dengan baik hal-hal yang mereka informasikan di awal obrolan, misalnya tentang perusahaan atau pekerjaan. Hal ini penting untuk Anda. Maka, simak saja dahulu.

Waktu jeda pada saat berbicara

Keheningan sejenak dalam percakapan bisa menjadi teman terbaik bagi ekstrovert dalam wawancara kerja. Masa jeda memberi Anda kesempatan untuk menarik napas. Sementara itu, pewawancara pewawancara juga jadi punya waktu untuk mengasimilasi apa yang telah dikatakan. Jangan menyerah pada naluri alami Anda untuk terus berbicara dan mengisi keheningan. Jeda sejenak malah menjadikan percakapan terasa alami, dan enak didengar.

Jawab pertanyaan dengan singkat

Saat merasa sangat bersemangat, mungkin Anda akan menjawab pertanyaan terlalu panjang, dan tanpa henti. Anda menjelaskan terlalu banyak hal, membanggakan berbagai prestasi, tapi lupa menjawab inti pertanyaan. Akhirnya, pewawancara tidak mengerti jawaban Anda. Dia malah akan berpendapat bahwa Anda adalah orang yang sombong dan suka pamer.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next