Berasal dari Lulusan Minoritas? Gak perlu takut, Banyak Peluang Karir Menanti! | Qerja

Berasal dari Lulusan Minoritas? Gak perlu takut, Banyak Peluang Karir Menanti!

Sandy Ayu Sartika, 2 years ago
Berasal dari Lulusan Minoritas? Gak perlu takut, Banyak Peluang Karir Menanti!

39237116 - beautiful business woman using a laptop computer and writing on business document.

Bagi sebagian orang, ada stigma yang melekat tentang kesempatan berkarir jika dilihat dari jurusan yang diambil saat di bangku kuliah. Hal ini cukup membuat sebagian orang merasa pesimis dan stress kalau-kalau tidak akan bisa mendapatkan pekerjaan dan jenjang karir yg bagus. Pemikiran tentang peluang karir yang terbatas juga ikut menjadi alasan kenapa ketakutan itu muncul. Faktanya banyak sekali peluang karir bagi lulusan jurusan “minoritas” ini. Tinggal bagaimana cara nya agar anda menjadi salah satu kandidat yang layak untuk diperhitungkan. Berikut adalah tips-tips untuk mendapatkan pekerjaan dan memulai karir anda meski anda berasal dari jurusan yang kurang populer:

Kenali Diri Sendiri
“Coba ceritakan tentang diri anda” kalimat itu tentu akan sangat sering kita dengar dalam sesi interview pekerjaan. Kalimat itu akan menjadi pertanyaan pembuka dan akan diajukan kepada anda, bayangkan bagaimana dan apa saja jawaban yang akan anda lontarkan. Salah-salah hal itu malah akan membuat niat anda dalam proses pertama anda meniti karir menjadi tersendat. Jadi, mulailah dengan mengenali diri anda lebih dalam, coba tanyakan apa yang anda butuhkan dalam pekerjaan dan apa yang akan anda raih dalam karir. Hal ini penting agar mengetahui visi anda sehingga anda bisa menentukan pekerjaan apa yang cocok dan kemana arah karir anda kedepannya. Semakin anda mengenal diri anda, semakin anda akan melihat potensi terbesar yang akan mejadi roda anda untuk mencapai kesuksesan.

Ketahui Passion Anda
Anda merasa peluang karir yang tersedia tidak dicocok untuk lulusan seperti anda. Tunggu, jangan berkecil hati dulu, selain mengenali diri sendiri, hal-hal yang berhubungan tentang passion tentu juga penting untuk anda explorasi. Anda harus mengetahui dan menyadari hal-hal apa saja yang anda minati dan sukai dalam hidup anda. Sesuatu yang anda sukai tentu jika dikerjakan akan terasa sangat menyenangkan. Mengetahui lebih dalam tentang passion anda akan sangat membantu dalam mendapatkan pekerjaan dan meniti karir anda terlebih jika anda berasal dari lulusan “minoritas”. Contohnya, Anda yang mempunyai passion dalam menjelajah, mencoba sesuatu yang baru, berinteraksi dengan orang luar tentu akan sangat menyukai jika berhasil mendapatkan pekerjaan di lapangan seperti reporter walaupun anda merupakan lulusan pendidikan dan bukan berasal dari lulusan jurnalistik. Passion dapat memandu anda menemukan karir yang cocok dari sekian banyak peluang karir yang tersedia.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next