Keterampilan Sosial yang Wajib Dimiliki Pegawai | Qerja

Keterampilan Sosial yang Wajib Dimiliki Pegawai

Eka Utami, 2 years ago
Keterampilan Sosial yang Wajib Dimiliki Pegawai

Hampir setiap pekerjaan memerlukan keterampilan sosial. Apalagi jika bekerja dalam tim, Anda harus bisa bergaul dengan orang lain. Selain itu, kalau berhubungan dengan klien, Anda harus bisa mendengarkan pertanyaan mereka. Bila menjabat sebagai manajer, tentu saja harus bisa memotivasi karyawan.

Bahkan jika pekerjaan tidak melibatkan interaksi dengan orang lain, Anda tetap membutuhkan keterampilan sosial untuk berinteraksi dengan atasan dan kolega. Karena keterampilan sosial sangat penting, hampir setiap perusahaan mencari kandidat pekerjaan dengan keterampilan ini. Oleh karena itu, Anda mesti memiliki keterampilan sosial yang kuat, menunjukkannya di resume, surat lamaran, dan saat wawancara.

Sebenarnya, apa saja bentuk keterampilan sosial? Keterampilan sosial adalah kualitas pribadi yang berhubungan dengan interaksi dengan orang lain. Kita menggunakan keterampilan sosial ini untuk berinteraksi dengan orang lain. Keterampilan sosial mencakup keahlian verbal –seperti cara berbicara dengan orang lain- dan keterampilan nonverbal –bahasa tubuh, gerak tubuh, dan kontak mata-. Berikut keterampilan sosial yang wajib dimiliki seorang pegawai di kantor seperti disarikan dari The Balance.

Empati

Empati adalah keterampilan yang sangat penting. Agar bisa berinteraksi dengan baik dengan orang lain, Anda harus bisa memahami perasaan mereka. Rasa empati perlu dimiliki oleh seorang pegawai terutama saat berurusan dengan klien yang datang dengan pertanyaan atau masalah. Anda perlu mengungkapkan keprihatinan yang tulus atas masalah mereka, dan membantu menyelesaikannya.

Kerja Sama

Kemampuan orang untuk bisa bekerjasama juga penting dimiliki untuk anggota tim. Anda harus bisa bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Meski Anda lebih sering menerima tugas individu, namun kemampuan kerja sama tetap saja dibutuhkan. Anda dan rekan kerja harus saling bahu-membahu untuk membantu mencapai tujuan organisasi.

Komunikasi Verbal



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next