Enam Alasan Mengapa Karyawan Melakukan Job Hopping | Qerja

Enam Alasan Mengapa Karyawan Melakukan Job Hopping

Sandy Ayu Sartika, 2 years ago
Enam Alasan Mengapa Karyawan Melakukan Job Hopping

32493706_xxl (1)

Pernah mendengar istilah job hopping? Atau bahkan Qolega merupakan salah satu job hopper? Istilah job hopping digunakan untuk menggambarkan situasi ketika seseorang sering berpindah kerja job hopper adalah sebutan bagi Generasi millennials pun sering dikategorikan sebagai para job hopper. Selama ini para job hopper pun sering disebut sebagai kutu loncat, namun tak banyak yang mengetahui alasan-alasan di balik keputusan untuk melakukan job hopping. Berikut adalah enam alasan mengapa para karyawan melakukan job hopping:

Gaji

Gaji merupakan alasan pertama para karyawan melakukan job-hopping, kebutuhan hidup yang semakin tinggi menjadi pertimbangan utama. Bisa dikatakan bahwa para job hopper adalah money oriented, mereka melihat kesempatan dan mengambilnya. Bagi para job hopper, kesempatan tak akan datang dua kali.

Benefit

Selain Gaji pokok, benefit juga adalah adalah hal yang dilihat oleh para karyawan. Perusahaan yang memberikan benefit lebih banyak seperti asuransi, tunjangan hari raya, transportasi, uang makan, outing tentu terlihat  lebih menarik bagi para karyawan. Berbagai benefit yang ditawarkan oleh perusahaan baru, akan menjadi daya tarik sehingga para karyawan tak akan berfikir dua kali untuk job hopping. 

Pengembangan Diri

Job hopping yang lebih dikenal dengan stigma negatif, ternyata tak membuat banyak karyawan takut untuk melakukannya. Banyak para karyawan terutama generasi millennial berfikir bahwa dengan melakukan job hopping mereka dapat lebih mengembangkan diri dan kemampuan mereka.  Para karyawan yang melakukan job hopping akan lebih berkesempatan untuk menggali potensi terbesar mereka. Para job hopper ini menyukai tantangan, berpindah perusahaan menuntut mereka untuk dapat beradaptasi dengan baik pada lingkungan baru. Kemampuan untuk beradaptasi inilah yang akan terus terasah dengan keputusan mereka melakukan job hopping dan hasilnya adalah pengalaman yang tentu tidak diragukan lagi.

Jenjang Karir

Qolega sudah bekerja bertahun-tahun dan belum mendapatkan promosi jabatan namun tetap bertahan di perusahaan yang sama?  Para karyawan yang melakukan job hopping, tidak ingin terjebak dalam kondisi tersebut, mereka melakukan job hopping karena berfikir bahwa dengan berpindah perusahaan mereka bisa mendapatkan jenjang karir yang lebih baik. Mereka ingin hasil kerja mereka lebih dihargai oleh perusahaan, dan ketika ada perusahaan lain yang menawarkan opportunity tersebut kenapa tidak?

Suasana Kerja

Suasana kerja yang nyaman, teman kerja yang memiliki selera humor yang sama, atasan yang mendukung para karyawannya serta fasilitas kantor yang memadai merupakan hal yang dilihat oleh para karyawan yang melakukan job hopping. Jika para karyawan lain akan bertahan dengan susasana kerja yang kurang kondusif, maka tidak bagi para job hopper. Mereka tidak akan segan untuk berfikir pindah ke perusahaan yang akan lebih memberikan suasana kerja yang lebih baik guna meningkatkan kinerja mereka.

Mendapatkan pekerjaan impian

Pekerjaan impian tentu tidak akan bisa Qolega dapatkan hanya dengan pengalaman bekerja di satu atau dua perusahaan. Hal ini juga lah yang mendasari mengapa para karyawan melakukan job hopping. Mendapatkan pekerjaan impian, layaknya goal dari para job hopper. Mereka berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain dengan tujuan mewujudkan goal mereka. -Qerja.com

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next