5 Tipe Teman Kerja Paling Menyebalkan (Plus Cara Menghadapinya!) | Qerja

5 Tipe Teman Kerja Paling Menyebalkan (Plus Cara Menghadapinya!)

Qerja, 4 years ago
5 Tipe Teman Kerja Paling Menyebalkan (Plus Cara Menghadapinya!)

Dalam keseharian di kantor, Anda mungkin pernah menjumpai salah satu atau malah lima ‘spesies’ kolega yang membuat Anda ingin meninju dinding (karena kalau meninju mereka, Anda bisa-bisa dipecat). Tim Qerja menghadirkan panduan bagi Anda untuk mengidentifikasi dan menghadapi lima tipe kolega paling menyebalkan di kantor. Coba dicermati, jangan-jangan tanpa sadar Anda juga merupakan salah satunya!

1. Si Biang Gosip

Ciri-ciri: Kalau ada isu mengenai kolega mana yang sedang menjalin asmara, rekan kerja mana yang kabarnya kesayangan atasan, dan gosip-gosip lain, biasanya sumbernya dari satu orang ini.

Bahaya: Anda bisa terjebak drama kantor dan reputasi profesional Anda tercemar.

Solusi: Pertama-tama, obviously, jangan menggosip. Saat sedang bercakap-cakap dengan kolega yang terkenal sebagai tukang gosip ini, lebih baik pura-pura bodoh bila Anda diminta mengomentari sepotong gosip, untuk menghindari nama Anda terbawa-bawa. Anda tentu tidak ingin terjadi kesalahpahaman hanya karena celetukan Anda, bukan?

2. Si Sok Tahu

Ciri-ciri: Ia merasa diri sendiri pintar dan ingin semua orang tahu. Kolega tipe ini selalu menjadi yang pertama untuk mengoreksi kesalahan orang, gemar menawarkan pendapat dan kritik kapan saja walau tidak diminta, dan cenderung mudah menepis ide koleganya tanpa memberi komentar yang membangun.

Bahaya: Sulit membangun kekompakan tim dan lagipula, tidak ada yang suka orang yang sok tahu.

Solusi: Bila ia berusaha mengomentari hasil pekerjaan Anda padahal Anda tidak meminta pendapatnya, coba sampaikan dengan mendetail thought process Anda serta seluruh fakta dan latar belakang dari proyek Anda. Selain itu, tetaplah sopan dan katakan kalau Anda akan mempertimbangkan pendapat dan idenya. Anggap saja masukan. Jika memang berguna, mengapa tidak?

3. Si Tukang Mengeluh

Ciri-ciri: Sedikit-sedikit rewel, sedikit-sedikit mengeluh. Anda sering geram dan ingin berteriak padanya, “Hei, pekerjaan kita juga banyak, bukan kamu saja!”



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next