5 Tipe Teman Kerja Paling Menyebalkan (Plus Cara Menghadapinya!) | Page 2 | Qerja

5 Tipe Teman Kerja Paling Menyebalkan (Plus Cara Menghadapinya!)

Qerja, 5 years ago
5 Tipe Teman Kerja Paling Menyebalkan (Plus Cara Menghadapinya!)

Bahaya: Menurunkan moralitas dan semangat di tempat kerja.

Solusi: Ajak kolega ini bicara empat mata dan cari tahu akar dari permasalahan mereka yang sebenarnya dan lihat apa ada yang bisa Anda bantu agar ia tidak lagi mengeluh.

4. Si Malas
Image result
Ciri-ciri: Sering telat, tampaknya tidak pernah melakukan pekerjaan, dan sering ketinggalan deadline. Parahnya lagi, kadang Anda terpaksa kocar-kacir menyelesaikan proyek gara-gara porsi pekerjaan yang seharusnya menjadi tanggung jawab kolega Anda ini tidak kunjung beres.

Bahaya: Menurunkan produktivitas kolektif di tempat kerja dan berisiko mengancam efisiensi kerja yang lain.

Solusi: Jika Anda punya proyek yang perlu segera dikerjakan olehnya, tekankan deadline yang perlu mereka kejar dan konsekuensi bagi semua orang jika ia tidak mengerjakannya tepat waktu. Sesekali, cek progres mereka dengan menghampiri kubikel mereka atau mengirim gentle reminder melalui e-mail. Jika tidak ada yang berubah, sabarlah: besar kemungkinan atasan Anda juga sedang ‘menyelidiki’ kelakuan kolega tipe ini.

 5. Si Penjilat Atasan Alias Pencuri Ide

Ciri-ciri: Cenderung sering memuji-muji dan pada kasus lebih ekstrim, bila ada kesempatan, ia akan mengklaim ide dan hasil pekerjaan koleganya sebagai miliknya sendiri.

Bahaya: Menurunkan semangat dan produktivitas karena pegawai lain merasa sia-sia saja menghasilkan pekerjaan berkualitas baik.

Solusi: Jika mereka kedapatan mengklaim hasil kerja Anda sebagai milik mereka sendiri atau Anda melihat tanda-tanda kalau atasan mulai pilih kasih tanpa basis yang jelas, langsung bicarakan dengan kolega tersebut dan tanyakan maksud dari tindakannya. Anda tidak nyaman dengan konfrontasi? Hindari terjadi hal yang sama di masa depan dengan menyimpan data dokumen yang menunjukkan semua kerja keras Anda. Selain itu, jangan ragu-ragu untuk aktif menyampaikan ide dan pendapat Anda saat rapat agar atasan dan kolega yang lain tahu siapa yang sebenarnya otak di balik proyek-proyek yang ia klaim. Pastikan Anda juga diperhatikan oleh atasan Anda dengan alasan yang baik.

Tipe yang mana yang pernah Anda temui? Tell us below!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next