Tips Perjalanan Bisnis Satu Hari | Qerja

Tips Perjalanan Bisnis Satu Hari

Eka Utami, 3 years ago
Tips Perjalanan Bisnis Satu Hari

Perjalanan bisnis ke luar kota selama satu hari bisa jadi menguntungkan Anda dan perusahaan. Anda tidak perlu mengeluarkan biasa lebih banyak untuk cuci mata dan membeli banyak oleh-oleh, sementara perusahaan bisa menghemat biaya akomodasi –mereka tidak perlu membayar hotel untuk Anda menginap-.

Satu hal yang pasti bahwa perjalanan dinas satu hari adalah hal melelahkan. Anda harus mengejar penerbangan pagi, dan beristirahat sore di atas pesawat juga. Kalau tidak memersiapkan perjalanan dengan baik, maka Anda akan kehilangan fokus pada kegiatan utama: pertemuan bisnis atau meeting dengan mitra kerja di luar kota. Agar rencana perjalan bisnis Anda tidak berantakan, berikut tips perjalanan bisnis satu hari seperti disarikan dari berbagai sumber.

Tidur lebih awal pada malam sebelumnya

Hal pertam ayang haru Anda jaga adalah kesehatan. Anda harus memastikan memenuhi kebutuhan tidur pada malam sebelumnya karena akan menjalani hari yang berat pada keesokkannya. Kalau Anda harus mengejar pesawat pagi pukul 05.00, berarti Anda harus berangkat dari rumah paling telat pukul 03.00 pagi. Jadi, kalau bisa Anda melakukan kegiatan malam hari lebih awal: makan malam lebih dini, merapikan barang, dan harus sudah tidur sebelum jam 10.00 malam.

Bawa barang yang penting saja

Untuk perjalanan singkat, Anda tidak perlu membawa barang terlalu banyak. Kalau bisa semua barang bawaan Anda bisa dimuat di dalam satu tas saja. Pilihlah tas yang tepat, kalau bisa dilengkapi beberapa kantong tambahan untuk memasukkan barang-barang kecil.

Anda sudah mengenakan pakaian kerja sejak berangkat dari rumah. Jadi, Anda hanya perlu menyiapkan setidaknya satu kemeja tambahan untuk berjaga-jaga kalau pakaian Anda terkena tumpahan kopi atau hal tak terduga lainnya. Masukkan pakaian Anda ke dalam tas bersama barang elektronik penting seperti handphone, komputer jinjing, charger, dan alat tulis.

Beberapa barang tambahan lain yang bisa Anda masukkan ke tas dan tidak memberatkan beban antara lain, permen mint untuk melawan bau mulut, hand sanitizer, perlatan mandi sederhana seperti sabun pencuci muka, sikat gigi dan pasta gigi, serta kaus kaki dan pakaian dalam cadangan.

Pilih pakaian yang nyaman

Anda akan berada di bandara dua kali dalam satu hari, jadi harus merasa nyaman. Pilihlah satu pakaian kerja dengan bahan yang tidak mudah kusut. Sebaiknya Anda memilih warna netral seperti hitam, putih atau coklat. Jika Anda terpaksa harus mengganti baju dengan kemeja cadangan, warnanya akan tetap cocok dengan bawahan berwarna netral yang Anda kenakan sejak awal.

Selain itu, Anda juga perlu memikirkan sepatu yang akan dipakai selama perjalanan. Pilihlah sepatu yang paling nyaman. Sepatu tanpa tali yang bisa Anda kenakan dengan memasukkan kaki sambil berdiri mungin cocok untuk Anda. Sementara untuk wanita, sebaiknya hindari sepatu hak tinggi demi kenyamanan. Anda mungkin harus melepas sepatu suatu saat ketika melalui pemeriksaan khusus di bandara atau sekadar “memberi napas” pada kaki Anda.

Jaga kesehatan selama perjalanan dan kegiatan

Di hari yang sibuk ini, Anda harus memerhatikan kesehatan selama perjalanan dan kegiatan. Perhatikan asupan cairan Anda. Jangan sampai lupa minum! Anda juga harus makan tepat waktu.

Mempersiapkan hal terburuk

Anda mungkin telah berencana untuk kembali ke rumah sebelum tengah malam dan tidur di ranjang sendiri. Tapi, keterlambatan penerbangan dan pembatalan bisa saja terjadi karena berbagai alasan. Tapi, untung saja Anda sudah membawa pakaian dalam, kaus kaki cadangan, dan peralatan mandi sederhana. Setidaknya, Anda bisa membersihkan diri di toilet bandara dan mengganti pakaian yang benar-benar menempel dengan kulit. Jadi, jika Anda terpaksa harus tiba di rumah pada dini hari, badan tidak terlalu terasa lengket karena bekas keringat. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next