Cara Menyampaikan Berita Buruk Kepada Tim Kerja | Qerja

Cara Menyampaikan Berita Buruk Kepada Tim Kerja

Eka Utami, 3 years ago
Cara Menyampaikan Berita Buruk Kepada Tim Kerja

Beban yang dipikul oleh seorang manajer memang berat. Anda harus bertanggungjawab untuk memastikan kerja tim berjalan lancar. Ketika tim atau perusahaan dalam keadaan terpuruk, Anda juga harus menyampaikan kabar buruk. Bayangkan saja, bagaimana perasaan Anda saat harus mengumumkan bahwa tahun ini perusahaan batal membagikan bonus? Anda mungkin tidak berani menatap mata karyawan sendiri.

Tidak ada yang suka menjadi pembawa berita buruk. Bagaimanapun, kabar buruk tentang keadaan perusahaan dapat berdampak langsung pada psikologis karyawan, soliditas perusahaan, dan bahkan pada status pekerjaan staf.  Jadi, jika Anda sedang mengalami dilema untuk mengabarkan berita tentang seseorang yang akan dipecat atau kabar buruk lainnya, berikut tips menyampaikan berita buruk kepada tim kerja seperti disarikan dari Business 2 Community.

Jangan memulai dengan permintaan maaf

Mengawali berita buruk dengan permintaan maaf bukan cara yang bagus. Hal ini tidak akan membuat Anda tampak berempati pada karyawan. Justru Anda akan terlihat lemah dan tidak peduli. Mereka akan menganggap kalau Anda sebenarnya bisa melakukan sesuatu untuk mencegah hal buruk ini terjadi, tapi, akhirnya gagal dan hanya bisa minta maaf. Jadi, simpan ucapan maaf sampai waktu yang lebih tepat.

Jangan menyampaikan kabar sambil lalu

Jangan menyampaikan berita buruk bersamaan dengan kabar lain. Misalnya, dalam kesempatan rapat besar yang dihadiri seluruh tim, Anda menyisipkan kabar tidak enak sambil berkata,”Mumpung kita semua ada di sini, saya akan menyampaikan berita….” Anda akan terlihat seperti tidak peduli pada psikologis orang yang menerima berita. Padahal kabar itu bisa jadi berdampak negatif pada kehidupannya. Jadi, carilah waktu yang tepat dan khusus untuk menyampaikan berita buruk pada anggota tim kerja Anda.

Langsung kepada inti berita



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami