Eisenhower Matrix: Rahasia Kerja Produktif | Qerja

Eisenhower Matrix: Rahasia Kerja Produktif

Sandy Ayu Sartika, 2 years ago
Eisenhower Matrix: Rahasia Kerja Produktif

Ketika bekerja di sebuah perusahaan, kita selalu dituntut untuk bekerja secara produktif. Bekerja produktif berarti kita dituntut untuk memaksimalkan semua potensi kita sebagai karyawan untuk mengejar target dan pencapaian yang ditargetkan perusahaan. Namun yang menjadi permasalahan, kita tidak selamanya bisa terus bekerja dengan giat setiap saat. Ada saja godaan yang membuat kita malah menyianyiakan waktu kerja kita di kantor. Tidak hanya itu, banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan padahal waktu yang ada sangat terbatas dan sedikit. Sebagian besar pekerja bahkan ada yang menyerah karena tidak kuat dituntut secara produktif. Ada juga beberapa pekerja yang menjadi malas ketika melihat banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Padahal, ada satu metode yang bisa membuat kita bekerja lebih efektif & produktif. Metode tersebut dikenal dengan Eisenhower Matrix.

Eisenhower Matrix adalah sebuah model pola kerja produktif yang dicetuskan oleh mantan Presiden Amerika Serikat Dwight David Eisenhower. Eisenhower adalah jendral yang sangat disiplin, menjunjung tinggi integritas dan produktifitas ketika ia bertugas di militer Amerika Serikat. Semasa hidupnya, Eisenhower menanamkan prinsip-prinsip yang membuat hidupnya jadi lebih tertata dan lebih produktif. Pengalaman dan cara kerjanya ini ia tuangkan ke dalam suatu metode manajemen kerja. Di tahun 1960, ia pun mengungkapkan rahasia produktifitas kerjanya pada suatu metrik kuadran prioritas pekerjaan yang dikenal dengan Eisenhower Matrix.

Eisenhower Matrix adalah kuadran produktifitas kerja sesuai dengan penting dan mendesaknya pekerjaan tersebut. Matrix ini juga dapat dijadikan untuk pengambilan sebuah keputusan akan suatu pekerjaan sehingga pekerjaan tersebut menjadi lebih mudah dilakukan. Dengan menggunakan matriks keputusan di bawah ini, Anda dapat memisahkan tugas dan pekerjaan anda berdasarkan 4 kemungkinan:



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next