Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Meminjam Perlengkapan Kantor | Qerja

Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Meminjam Perlengkapan Kantor

Eka Utami, 8 months ago
Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Meminjam Perlengkapan Kantor

Sebagai pegawai yang terbiasa bekerja secara terorganisir, kita selalu menyiapkan segala perlengkapan pendukung kegiatan kantor sendiri. Mulai dari klip kertas, sticky notes, stapler, pembatas buku, dan sebagainya. Tapi, ada saja rekan kerja yang tidak pernah menyiapkan keperluan kantornya sendiri dan mengandalkan barang yang disediakan manajemen. Bahkan, pulpen saja dia tidak punya. Akhirnya, dia akan meminjam beberapa perlengkapan kantor pada kita.

Masalahnya, tidak semua peminjam bisa menjaga barang pinjaman dengan baik. Terkadang mereka meminjam barang tanpa izin saat kita tidak ada di meja kerja. Seringkali mereka bertindak ceroboh dengan mengotori dan merusak barang pinjaman. Bahkan, ada pula yang sampai menghilangkannya. Lalu, mereka mengembalikan dengan wajah penuh penyesalan yang membuat kita sungkan untuk marah. Padahal, di dalam hatikita pasti merasa kesal. Untuk mengatasi masalah ini, berikut tips dan trik menghadapi rekan kerja yang suka meminjam barang seperti disarikan dari berbagai sumber.

Laci tertutup

Cara paling baik untuk mengamankan barang pribadi Anda adalah menyimpannya di laci tertutup di bawah meja. Jangan lupa untuk menguncinya setiap hari. Jika ada beberapa barang yang Anda tinggalkan di atas meja, maka itu artinya Anda mengikhlaskan orang lain untuk meminjamnya.

Selalu menyimpan barang pribadi di dalam tas

Tidak ada cara yang lebih aman selain membawa barang pribadi selalu bersama Anda. Simpan selalu barang perlengkapan kantor di tas. Anda hanya akan mengeluarkannya jika dibutuhkan. Setelah selesai, jangan lupa menyimpannya kembali di dalam tas. Jadi, tidak banyak orang yang tahu bahwa Anda punya peralatan kantor yang lengkap. Memang, cara ini membuat Anda terkesan pelit. Selain, itu, cara ini akan membuat tas Anda penuh dan terasa berat. Tapi, jika sudah terlalu kesal pada kebiasaan rekan kerja ceroboh yang suka meminjam, maka hal ini bisa Anda terapkan.

Memberi nama pada perlengkapan kantor pribadi

Anda harus mengklaim setiap perlengkapan kantor pribadi. Tulislah nama atau beri label pada setiap barang pribadi Anda. Tindakan ini untuk mengingatkan rekan kerja bahwa barang yang dipinjam tidak bisa menjadi milik pribadi begitu saja. Lagipula, hal ini bisa mencegah barang Anda tertukar dengan milik orang lain.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next