Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Ayah Pekerja Masa Kini | Qerja

Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Ayah Pekerja Masa Kini

Eka Utami, 2 years ago
Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Ayah Pekerja Masa Kini

Kita selalu mengingat Hari Ibu pada tanggal 22 Desember. Tapi, kita seringkali melupakan Hari Ayah Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November. Padahal peran ayah dan ibu sama pentingnya untuk hidup kita. Keberadaan sosok ayah yang baik di keluarga bisa mendukung kesuksesan hidup anak di masa mendatang. Ayah pekerja akan memberi contoh pada anak tentang etos kerja yang baik, ketegasan, kegigihan dalam mencari nafkah, dan sebagainya. Berikut beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang “Working Dad Zaman Now” seperti disarikan dari Huffington Post.

Zaman sekarang, ayah pekerja bekerja lebih keras

Seiring perubahan zaman, tekanan pada para ayah di dalam rumah tangga semakin berat. Harga dan biaya-biaya semakin meningkat, sementara kesempatan di dunia kerja tidak terlalu banyak. Jadi, ayah harus berpikir memertahankan posisi di kantor, mencari uang –mungkin beberapa penghasilan tambahan- dan menyiapkan jaring pengaman finansial yang baik. Berdasarkan penelitian Pew Research pada 2013, meski sekarang banyak ibu bekerja yang membuat pendapatan rumah tangga bertambah, tapi ayah tetap berperan sebagai pencari nafkah utama.

Zaman sekarang, ayah pekerja lebih ingin mengejar karier

Ayah pekerja tidak puas dengan hanya melakukan pekerjaan yang sama bertahun-tahun. Mereka juga ingin tantangan. Mereka bukan hanya bekerja demi mengumpulkan uang saja, tapi perlu aktualisasi diri. Menurut sebuah studi yang dilakukan Boston College, sekitar 76 persen ayah pekerja yang disurvey mengaku menginginkan promosi tanggung jawab yang lebih besar di kantor. Sementara 58 persen partisipan mengungkapkan keinginan kuat untuk naik jabatan ke tingkat manajemen senior.

Ayah pekerja menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak-anak

Dulu Anda mengenal sosok ayah yang selalu dilayani. Saat ayah pulang ke rumah, ibu langsung sigap menyambut dan membuatkan minuman hangat. Sementara ibu menyiapkan makan malam, ayah menghabiskan waktu bermain dengan anak sejenak saja –mungkin itulah satu-satunya waktu berkualitas yang dimiliki ayah dan anak setiap hari kerja-.

Tapi, ayah pekerja di zaman sekarang berbeda. Mereka ingin menghabiskan waktu lebh banyak bersama anak-anak. Mereka bersedia turun ke dapur dan menyiapkan makanan bayi atau menggantikan popok anak. Bahkan, sebagian ayah dengan istri pekerja juga mau mengambil cuti sehari-dua hari agar bisa menjemput anak di sekolah. Memang, menurut sebuah survey porsi pengasuhan antara ibu dan ayah masa kini lebih setara.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next