Tips Bertahan Hidup Sebelum Mendapat Gaji Pertama | Qerja

Tips Bertahan Hidup Sebelum Mendapat Gaji Pertama

Eka Utami, 2 years ago
Tips Bertahan Hidup Sebelum Mendapat Gaji Pertama

Setelah lulus kuliah, kita pasti akan berusaha mencari pekerjaan impian dengan posisi dan gaji yang bagus. Kalau bisa pekerjaan itu sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari. Sebagian orang beruntung karena sudah punya pekerjaan sebelum diwisuda. Namun, ada pula sarjana yang masih belum tahu ke mana arah tujuannya.

Masa-masa transisi dari kampus menuju dunia kerja cukup menantang dan penuh tekanan. Kita harus segera mendapat pekerjaan karena tidak bisa terus bergantung pada orangtua. Tapi, tanpa pekerjaan dan bantuan orangtua, bagaimana cara kita menghadapi hari-hari yang sulit? Berikut tips bertahan hidup sebelum mendapat gaji pertama seperti disarikan dari berbagai sumber.

Mencari kerja sementara

Saat menjalani proses melamar kerja, sebaiknya Anda mengambil pekerjaan sementara. Anda bisa saja menjadi penjaga toko kelontong atau pelayan restoran. Jangan malu dan tertekan dengan omongan orang yang mengatakan bahwa sarjana seperti Anda melakukan pekerjaan sederhana dengan gaji kecil. Pikirkan diri Anda sendiri! Anda membutuhkan pekerjaan itu agar mendapat uang untuk ongkos menghadiri sesi wawancara kerja. Bahkan, jika mampu berhemat, Anda bisa menabung uang hasil kerja sementara untuk biaya operasional selama menjalani bulan pertama di kantor baru kelak.

Menghemat pengeluaran

Anda perlu menghemat pengeluaran sebelum mendapat pekerjaan tetap dan mapan. Jika memutuskan untuk keluar dari rumah, Anda memikirkan beban biaya hidup bulanan. Anda harus mencari tempat kos yang paling murah. Untuk sementara waktu, Anda tidak harus mencari kamar kos dengan kamar mandi di dalam –yang biasanya memerlukan biaya lebih besar-. Pilihlah makanan sederhana yang tersedia di warung nasi. Kalau perlu, Anda bisa memasak makanan sendiri –tapi, sebaiknya tidak mengonsumsi mie instan setiap hari-.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next