Alasan Perusahaan Lebih Memilih Fresh Graduate Dibandingkan Tenaga Profesional | Qerja

Alasan Perusahaan Lebih Memilih Fresh Graduate Dibandingkan Tenaga Profesional

Eka Utami, 2 years ago
Alasan Perusahaan Lebih Memilih Fresh Graduate Dibandingkan Tenaga Profesional

Calon pegawai yang baru lulus kuliah mungkin merasa canggung saat melangkah ke tempat wawancara kerja. Kita tidak tahu hal apa yang akan dihadapi di ruang wawancara kelak. Memang, kita sudah belajar dari berbagai artikel dan cara-cara menghadapi perekrut. Tapi, segala simulasi tersebut sepertinya tidak cukup.

Belum lagi, saat di ruang tunggu kita bertemu dengan kandidat yang ternyata sudah berpengalaman kerja sebelumnya. Nyali kita semakin menciut. Kepercayaan diri menurun. Kita berpikir akan kalah dalam persaingan ini.

Padahal, perusahaan punya banyak pertimbangan sebelum memilih kandidat pegawai terbaik. Semua tergantung pada performa kita saat wawancara kerja dan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Ada perusahaan yang memang berani membayar mahal seorang pegawai profesional dengan risiko kesulitan beradaptasi dengan budaya kerja baru. Namun, ada pula perusahaan yang mau bekerja sama dengan karyawan yang baru lulus kuliah, dengan potensi dan kemampuan menyerap pelajaran yang cepat. Berikut alasan perusahaan lebih memilih kandidat fresh graduate dibanding tenaga kerja profesional seperti disarikan dari situs HR In Asia.

Kesempatan untuk pelatihan dan membina bakat

Kandidat yang baru lulus seperti kertas kosong. Anda mungkin belum memiliki pandangan dan perspektif tentang isu-isu di tempat kerja. Anda bahkan belum tahu apa arti budaya tempat kerja yang ideal. Jadi, perusahaan bisa “membentuk” Anda untuk menjadi pegawai yang dibutuhkan dan cocok dengan organisasi.

Inilah kesempatan manajer SDM untuk menciptakan bakat baru, menyiapkan talenta sebagai pengganti pegawai senior kelak, dan mendorong profesional generasi berikutnya. Seiring berjalannya waktu, dengan pengalaman dan budaya kerja yang positif, para amatir seperti Anda segera menjadi profesional.

Pengeluaran perusahaan lebih rendah

Gaji awal untuk lulusan baru jauh lebih rendah daripada tenaga profesional. Pengusaha juga akan lebih mudah memberikan alasan kepada Anda: karena kurangnya pengalaman, keterampilan, pengetahuan industri yang masih minim, dan masih banyak lagi.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next