Enam Kebiasaan Yang Membuat Anda Ketinggalan Deadline

Oleh Steffi Teowira, 3 years ago
Beberapa rekan Qerja pasti pernah berharap waktu berhenti di detik-detik mendekati deadline. Sayangnya Anda bukan penguasa waktu, tapi jangan kecewa dulu; ada faktor-faktor tertentu yang bisa Anda cermati dan perbaiki agar selalu tepat waktu menyelesaikan pekerjaan. Ayo, stop lakukan enam kebiasaan berikut inii!

1. Mudah Bosan

Jika Anda mudah bosan dan tidak merasa tertantang, besar kemungkinan Anda akan menunda mengerjakannya karena tahu Anda mampu mengerjakannya di detik-detik akhir. Gunakan kreativitas Anda dan beri sesuatu yang ekstra, baik itu pekerjaan yang lebih cepat selesai atau sudut pandang yang segar. Tantang diri sendiri untuk memberikan hasil kerja di atas rata-rata.

2. Perfeksionis

Anda memiliki ekspektasi tinggi, kadang terlalu tinggi, pada diri sendiri dan pekerjaan apapun yang Anda lakukan sehingga tidak jarang Anda sampai mengulang-ulang satu pekerjaan, bahkan hingga melanggar tenggat waktu. Daripada Anda menyiksa diri karena satu titik yang menurut Anda kurang sempurna, ingatlah bahwa berhasil menyelesaikan tugas dengan baik sebelum tenggat waktu juga merupakan keberhasilan tersendiri.

3. Tidak Melakukan Perencanaan

Buat to do list jelas tentang tugas-tugas apa saja yang harus Anda bereskan dalam waktu tertentu. Untuk tips merencanakan waktu, coba geser tenggat waktu sebenarnya ke beberapa jam atau beberapa hari sebelumnya. Dengan begitu, Anda akan tetap dapat menyelesaikannya tepat waktu tanpa keteteran dan punya periode kosong untuk rehat atau hal-hal tidak terduga.

4. Overthinking

Belum apa-apa, Anda sudah keburu panik sendiri melihat detik-detik jam dan tumpukan kerja yang tampak mengintimidasi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kebanyakan orang cenderung menunda-nunda ketika merasa tugas di depan mata terlalu sulit atau di luar kemampuan. Jika porsi pekerjaan terlalu rumit untuk dikerjakan sekaligus, bagilah menjadi beberapa bagian untuk dikerjakan terpisah. Ini juga merupakan salah satu alasan terbesar bagi Anda untuk melakukan perencanaan baik sebelumnya.

Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next